Zopiclone Obat Apa?

Zopiclone Obat Apa?

Terbaiknews - Fungsi & Penggunaan Untuk apa obat Zopiclone digunakan? Zopiclone tablet adalah obat untuk membantu...
Fungsi & Penggunaan Untuk apa obat Zopiclone digunakan?

Zopiclone tablet adalah obat untuk membantu Anda tidur (pil tidur hipnotik). Obat ini bekerja memanipulasi otak agar merasakan kantuk. Obat ini dapat digunakan untuk perawatan jangka pendek dari kesulitan tidur, terbangun di malam hari atau pagi buta atau kesulitan tidur yang diakibatkan oleh acara, situasi, atau gangguan jiwa, yang menyebabkan stres yang luar biasa berat.

Bagaimana aturan pakai obat Zopiclone?

Selalu konsumsi Zopiclone tablet seperti yang disarankan dokter anda. Anda harus menanyakan kembali mengenai dosisnya kepada dokter atau apoteker anda bila merasa kurang yakin. Tablet harus diminum bersamaan dengan cairan secepatnya sebelum pergi tidur.

Bagaimana cara menyimpan Zopiclone?

Simpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Zopiclone?

Jangan mengonsumsi Zopiclone tablet dan beritahu dokter jika anda mengalami:

Alergi (hypersensitive) pada zopiclone atau bahan lain yang terkandung dalam tablet (lihat bagian 6). Reaksi alergi dapat berupa ruam, gatal, kesulitan bernapas, wajah bibir, tenggorokan atau lidah yang membengkak. Mengalami penyakit empedu. Menderita masalah pernapasan ketika tidur (Sleep Apnoea Syndrome) Menderita sakit lemah otot (myasthenia gravis) Memiliki masalah pernapasan Tablet ini tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi anak-anak. Apakah obat Zopiclone aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Kehamilan dan menyusui: Belum ada informasi yang cukuo mengenai keamanan dalam mengonsumsi obat ini untuk wanita hamil dan menyusui.

Efek Samping Apa efek samping Zopiclone yang mungkin terjadi?

Seperti obat pada umumnya, Zopiclone tablet dapat menyebabkan  efek samping yang tidak diinginkan, walaupun tidak semua orang merasakannya.

Jika anda mengalaminya, dengan efek samping yang serius, hentikan konsumsi Zopiclone tablet dan beritahu dokter anda secepatnya atau hubungi departemen layanan umum di rumah sakit terdekat anda:

Reaksi alergi: ruam kulit, wajah, bibir, lidah atau tenggorokan membengkak, atau kesulitan bernapas atau menelan atau sakit kepala ringan, hilang koordinasi.

Beritahu dokter atau apoteker anda jika beberapa efek samping berikut ini timbul atau memburuk:

Efek pada sistem gastrointestinal: rasa pahit atau rasa logam dimulut, mulut kering dan merasa sakit atau menjadi sakit. Efek pada sistem syaraf: sakit kepala, pusing, kelelahan, iritasi, agresif, kebingungan, depresi, amnesia, halusinasi atau mimpi buruk. Lain-lain: terkadang kekurangan tidur juga dapat muncul ketika berhenti mengonsumsi tablet, biasanya mengakibatkan ketergantungan jangka panjang.

Tidak semua orang mengalami efek samping. Ada beberapa efek samping yang tidak terdaftar diatas. Jika anda memiliki kekhawatiran tersendiri mengenai efek samping, silahkan konsultasi pada dokter atau apoteker.

Interaksi Obat Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Zopiclone?

Walaupun beberapa obat seharusnya tidak dikonsumsi secara bersamaan, dalam kasus lain, 2 obat dapat dikonsumsi bersamaan walaupun dapat terjadi interaksi. Pada kasus ini, dokter anda mungkin akan mengubah dosisnya, atau resep lain juga dapat diberikan apabila diperlukan. Beritahu penyedia layanan kesehatan professional anda jika anda sedang dalam konsumsi resep lain atau obat non resep (over the counter OTC).

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Zopiclone?

Beberapa obat tidak seharusnya digunakan atau dikonsumsi sekitar waktu makan atau sekitar waktu makan beberapa jenis makanan tertentu karena interaksi dapat saja terjadi. Menggunakan alkohol atau rokok dengan beberapa pengobatan mungkin juga dapat menyebabkan interaksi obat. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan professional anda tentang hubungan obat anda dengan makanan, alkohol, atau rokok.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Zopiclone?

Keberadaan masalah kesehatan lain mungkin saja dapat memberi dampak pada penggunaan obat ini. Pastikan anda telah memberitahu dokter anda tentang masalah kesehatan apapun yang anda alami, terutama:

Memiliki masalah ginjal atau empedu Memiliki sejarah sakit mental Memiliki atau pernah memiliki sejarah atau tendensi pada alkohol atau narkoba atau kelainan pribadi. Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Zopiclone untuk dewasa?

Dewasa: 7.5 mg sebelum tidur.

Orang tua: Dosis yang lebih rendah, 3.75 mg dapat digunakan pada awalnya. Dosis ini dapat ditingkatkan hingga 7.5 mg.

Berapa dosis obat Zopiclone untuk anak-anak?

Keamanan dan keefektifan belum dapat dipastikan pada pasien anak (dibawah 18 tahun).

Dalam dosis dan sediaan apa Zopiclone tersedia?

Tablet 3.75 mg; 7.5 mg

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

COVID-19 Detais Indonesia

Berita dengan kategori