Xorim obat apa?

Xorim obat apa?

Terbaiknews - Penggunaan Apa fungsi Xorim? Xorim adalah obat yang biasa digunakan untuk pengobatan infeksi...
Penggunaan Apa fungsi Xorim?

Xorim adalah obat yang biasa digunakan untuk pengobatan infeksi di:

paru-paru atau dada saluran kemih jaringan kulit dan lunak perut

Xorim juga digunakan untuk mencegah infeksi selama operasi.

Kandungan di dalam Xorim adalah cefuroxime, antibiotik yang digunakan pada orang dewasa dan anak-anak. Cefuroxime bekerja dengan membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi. Cefuroxime termasuk dalam golongan obat yang disebut sefalosporin.

Bagaimana cara pakai Xorim?

Xorim biasanya diberikan oleh dokter atau perawat. Xorim dapat diberikan dalam bentuk tetesan (infus intravena) atau dalam bentuk injeksi secara langsung ke dalam pembuluh darah atau ke dalam otot.

Bagaimana cara menyimpan Xorim? Jauhkan obat ini dari pandangan dan jangkauan anak-anak. Jangan simpan pada suhu di atas 25°C. Simpan wadah di dalam karton luar. Solusi yang telah dilarutkan untuk injeksi tidak boleh disimpan selama lebih dari 24 jam pada suhu 2°C – 8°C. Disarankan penggunaan langsung setelah pelarutan. Solusi yang tersisa harus dibuang. Jangan menggunakan obat ini setelah lewat tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan. Tanggal kadaluarsa mengacu pada hari terakhir di bulan tersebut. Jangan buang obat melalui air limbah atau sampah rumah tangga. Dokter atau perawat Anda akan membuang obat yang tidak lagi diperlukan. Cara ini akan membantu menjaga lingkungan. Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Xorim?

Anda tidak boleh diberikan injeksi Xorim:

jika Anda alergi (hipersensitif) terhadap antibiotik sefalosporin atau bahan lain yang terkandung dalam injeksi Xorim jika Anda pernah mengalami reaksi alergi parah (hipersensitif) terhadap jenis antibiotik betalaktam (penisilin, monobaktam, dan carbapenem)

Sebelum mulai menggunakan Xorim, beri tahu dokter jika Anda menduga bahwa yang di atas berlaku untuk Anda. Anda tidak boleh diberikan cefuroxime.

Apakah Xorim aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan Xorim selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Efek Samping Apa efek samping Xorim yang mungkin terjadi?

Seperti halnya semua obat, Xorim dapat menyebabkan efek samping, meskipun tidak semua orang mengalaminya.

Sebagian kecil orang yang menggunakan Xorim mengalami reaksi alergi atau reaksi kulit yang berpotensi serius. Gejala dari reaksi tersebut antara lain:

Reaksi alergi parah. Tanda-tandanya termasuk ruam yang menonjol dan gatal, pembengkakan, terkadang di wajah atau mulut yang menyebabkan kesulitan bernapas. Ruam kulit yang dapat melepuh, dan terlihat seperti titik target kecil (noda gelap di tengah dikelilingi oleh daerah yang lebih pucat, dengan lingkaran gelap di sekitar pinggirannya). Ruam yang meluas dengan kulit melepuh dan mengelupas (ini bisa merupakan tanda dari sindrom Stevens-Johnson atau nekrolisis epidermal toksis). Infeksi jamur dalam kasus langka. Obat-obatan seperti cefuroxime dapat menyebabkan pertumbuhan jamur (Candida) yang berlebih di tubuh, yang dapat berakibat pada infeksi jamur (seperti sariawan). Efek samping ini lebih mungkin terjadi jika Anda menggunakan cefuroxime untuk waktu yang lama. Interaksi Obat Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Xorim?

Beberapa obat dapat mempengaruhi cara kerja Xorim, atau meningkatkan risiko efek samping Anda.

Ini termasuk:

Antibiotik jenis aminoglikosida Tablet air (diuretik) seperti furosemide Probenesid Antikoagulan oral

Beri tahu dokter jika yang di atas berlaku untuk Anda. Anda mungkin memerlukan pemeriksaan ulang tambahan untuk mengamati fungsi ginjal Anda selama Anda menggunakan Xorim.

Pil kontrasepsi

Xorim dapat mengurangi efektivitas pil kontrasepsi. Jika Anda menggunakan pil kontrasepsi selama diobati dengan Xorim. Anda juga harus menggunakan metode kontrasepsi penghalang (seperti kondom). Mintalah saran pada dokter Anda.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Xorim?

Xorim dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol dengan mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Konsultasikanlah pada dokter atau apoteker mengenai potensi interaksi makanan atau alkohol sebelum menggunakan obat ini.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Xorim?

Xorim dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau mengubah cara kerja obat. Penting untuk selalu memberi tahu pada dokter dan apoteker mengenai semua kondisi kesehatan yang sedang Anda alami.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Xorim.

Berapa dosis Xorim untuk orang dewasa??

Dosis lazim: Dosis Xorim yang tepat untuk Anda akan ditentukan oleh dokter dan didasarkan pada: jenis dan tingkat keparahan infeksi, apakah Anda menggunakan antibiotik lainnya, berat badan dan usia Anda, seberapa baik ginjal Anda bekerja.

Dewasa dan remaja: 750 mg sampai 1.5 g cefuroxime per hari dibagi menjadi dua, tiga atau empat dosis. Dosis maksimal: 6 g per hari.

Pasien dengan masalah ginjal

Jika Anda memiliki masalah ginjal, dokter mungkin akan mengubah dosis Anda.

Konsultasikan pada dokter jika ini berlaku untuk Anda.

Berapa dosis Xorim untuk anak? Bayi baru lahir (0-3 minggu)
Untuk setiap 1 kg berat bayi, mereka akan diberikan 30 sampai 100 mg Xorim per hari yang dibagi menjadi dua atau tiga dosis. Bayi (lebih dari 3 minggu) dan anak-anak
Untuk setiap 1 kg berat bayi, mereka akan diberikan 30 sampai 100 mg Xorim per hari yang dibagi menjadi tiga atau empat dosis. Dalam bentuk apa saja Xorim tersedia?

Xorim tersedia dalam bentuk bubuk Xorim (Cefuroxime) 750 mg untuk injeksi.

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada saat gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, langsung gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

COVID-19 Detais Indonesia

Berita dengan kategori