Tenecteplase Obat Apa?

Tenecteplase Obat Apa?

Terbaiknews - Fungsi & Penggunaan Untuk apa obat Tenecteplase digunakan? Tenecteplase adalah obat untuk mencegah...
Fungsi & Penggunaan Untuk apa obat Tenecteplase digunakan?

Tenecteplase adalah obat untuk mencegah kematian akibat serangan jantung (myocardial infarction akut).

Tenecteplase juga dapat digunakan untuk tujuan tidak tercantum dalam panduan pengobatan.

Bagaimana aturan pakai obat Tenecteplase?

Tenecteplase disuntikkan ke pembuluh darah melalui infus. Penyedia layanan kesehatan akan memberikan suntikan ini.

Tenecteplase biasanya diberikan sesegera mungkin setelah tanda-tanda pertama serangan jantung terjadi.

Obat ini dapat menyebabkan hasil yang tidak biasa dengan tes medis tertentu. Beritahu dokter yang merawat Anda bahwa Anda baru saja menerima Tenecteplase.

Bagaimana cara menyimpan Tenecteplase?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Tenecteplase?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep,

Anak-Anak

Studi obat ini telah dilakukan hanya pada pasien dewasa, dan tidak ada informasi spesifik membandingkan penggunaan Tenecteplase pada anak-anak dengan digunakan dalam kelompok usia lainnya.

Lansia

Kebutuhan untuk pengobatan dengan menggunakan Tenecteplase dapat ditingkatkan pada pasien usia lanjut dengan pembekuan darah. Namun, kemungkinan perdarahan mungkin juga akan meningkat. Hal seperti ini sangat disarankan untuk segera dikonsultasikan dengan dokter Anda, untuk mengetahui metode yang tepat dalam menggunakan obat ini pada lansia.

Apakah obat Tenecteplase aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek Samping Apa efek samping Tenecteplase yang mungkin terjadi?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan

Beritahu perawat Anda bila Anda mengalami efek samping serius seperti ini:

Ada darah dalam urine atau tinja Mimisan, batuk darah Pendarahan dari cedera yang baru-baru terjadi atau pendarahan pada luka bekas sayatan operasi Pendarahan di sekitar area jarum IV Detak jantung cepat, melambat atau tidak beraturan Merasa ingin pingsan

Efek samping serius namun terbilang langka, mungkin termasuk:

Kaki atau jari kaki berubah warna menjadi keunguan Perut bagian atas terasa sakit dan rasa sakitnya menyebar hingga ke punggung, mual dan muntah, detak jantung cepat Tiba-tiba mati rasa, tubuh terasa lemah, sakit kepala, kebingungan, masalah pada penglihatan, gangguan berbicara dan masalah pada keseimbangan Nyeri dada atau dada terasa berat, nyeri menyebar ke lengan atau bahu, mual, berkeringat, perasaan sakit pada umumnya Pembengkakan, berat badan naik, merasa sesak napas, buang air kecil lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali Mengantuk , kebingungan, perubahan mood, rasa haus meningkat, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah Nyeri otot atau nyeri dengan demam atau gejala flu dan urine berwarna gelap Rasa sakit atau sensasi yang tidak biasa di punggung Anda Mati rasa, kaki terasa lemah atau geli Lemah otot atau tidak mampu menggerakkan otot Kehilangan kontrol pada bagian usus atau kandung kemih

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda

Interaksi Obat Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Tenecteplase?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan berikut tidak direkomendasikan, namun mungkin dibutuhkan pada beberapa kasus. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti beberapa obat yang sudah Anda konsumsi.

Acenocoumarol Alteplase, Recombinant Anistreplase Apixaban Ardeparin Argatroban Bivalirudin Certoparin Dabigatran Etexilate Dalteparin Danaparoid Desirudin Enoxaparin Fondaparinux Heparin Sodium Lepirudin Nadroparin Parnaparin Pentosan Polysulfate Sodium Phenindione Phenprocoumon Protein C, Human Reteplase, Recombinant Reviparin Rivaroxaban Streptokinase Tenecteplase Tinzaparin Urokinase Warfarin

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi menggunakan kedua obat mungkin merupakan pengobatan terbaik untuk Anda.  Jika kedua obat ini diresepkan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat tersebut.

Aspirin Dipyridamole Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Tenecteplase?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Tenecteplase?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

Penyakit darah, masalah perdarahan, atau riwayat perdarahan di bagian manapun dari tubuh atau Penyakit otak atau tumor atau Penyakit jantung atau pembuluh darah, termasuk detak jantung yang tidak teratur Tekanan darah tinggi (hipertensi) Penyakit hati Stroke – Peluang terjadinya pendarahan semakin meningkat Infeksi – Peluang terjadinya penyebaran infeksi ke aliran darah

Selain itu, beritahu juga pada dokter Anda bila Anda memiliki kondisi kesehatan seperti berikut:

Pernah mengalami benturan karena jatuh atau pukulan di area kepala atau cedera lainnya atau Menerima injeksi hingga ke pembuluh darah atau Penempatan tabung apapun ke tubuh atau Operasi jenis apapun, termasuk operasi gigi – Peluang perdarahan serius dapat meningkat

Bila Anda baru saja melahirkan, menggunakan obat ini mungkin dapat menyebabkan pendarahan yang serius.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Tenecteplase untuk dewasa?

Kurang dari 60 kg : 30 mg IV bolus diberikan selama 5 detik .

60 sampai kurang dari 70 kg : 35 mg IV bolus diberikan selama 5 detik

70 sampai kurang dari 80 kg : 40 mg IV bolus diberikan selama 5 detik

80 sampai kurang dari 90 kg : 45 mg IV bolus diberikan selama 5 detik

90 kg atau lebih : 50 mg IV bolus diberikan selama 5 detik

Berapa dosis obat Tenecteplase untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum ditentukan pada pasien anak (kurang dari 18 tahun).

Dalam dosis dan sediaan apa Tenecteplase tersedia?

Larutan, Intravena, 10 mg/ml (5 ml)

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

COVID-19 Detais Indonesia

Berita dengan kategori