Waspada, 4 Makanan Ini Bisa Terkontaminasi Bakteri Salmonella

Waspada, 4 Makanan Ini Bisa Terkontaminasi Bakteri Salmonella

Terbaiknews - Bakteri salmonella adalah jenis bakteri yang paling sering membuat keracunan makanan. Salmonella...

Bakteri salmonella adalah jenis bakteri yang paling sering membuat keracunan makanan. Salmonella Typhimurium dan Salmonella Entertidis adalah yang paling umum menginfeksi setengah dari seluruh manusia.

Dilansir dari CNN, gejala khas akibat bakteri salmonella adalah diare, demam dan kram perut. Gejala biasanya mulai enam jam hingga empat hari setelah infeksi.

Umumnya pasien yang terinfeksi akan sembuh pada tiga sampai tujuh hari dan kasus ringan seringnya tidak memerlukan perawatan profesional. Antibiotik hanya digunakan untuk mengobati kasus yang parah.

Melansir dari WebMD, ada beberapa makanan yang bisa mengandung bakteri salmonella, antara lain:

1. Unggas dan Telur

Bakteri Salmonella dapat mencemari makanan apapun, tetapi risiko lebih besar ada pada produk hewani karena kontak dengan kotoran hewan.

Pada ayam, salmonella dapat menginfeksi telur sebelum kulitnya terbentuk, sehingga bahkan telur yang bersih dan segar pun dapat mengandung salmonella.

Untuk keamanan, maka jangan pernah makan telur mentah atau setengah matang. Pisahkan unggas mentah dari unggas matang dan makanan lainnya. Maka dari itu cuci tangan, talenan, perkakas dan meja setelah digunakan.

Waspada, 4 Makanan Ini Bisa Terkontaminasi Bakteri Salmonella
Ilustrasi telur. [Shutterstock]

2. Makanan Segar

Makanan segar juga bisa jadi penyebab infeksi salmonella. Bakteri ini telah ditemukan pada tomat, cabai, salad hijau, dan pepaya. Kecambah juga dapat memiliki salmonella karena tumbuh dalam kondisi hangat dan lembap.