Tak Perlu Panik dan Drama, Begini Cara Atasi Demam pada Anak

Tak Perlu Panik dan Drama, Begini Cara Atasi Demam pada Anak

Terbaiknews - JAKARTA - Saat demamanak kerap menjadi rewel. Akibatnya kondisi ini tak jarang membuat para ibu...
JAKARTA - Saat demam, anak kerap menjadi rewel. Akibatnya kondisi ini tak jarang membuat para ibu merasa panik, menangis hingga menyebabkan timbulnya drama. Padahal, demam merupakan kondisi yang normal dan bisa dialami oleh siapa saja.

"Wajar sekali ketika anak demam, ibu cemas, khawatir, panik dan nangis. Itu hal wajar terlepas apapun profesi ibu. Demam itu reaksi tubuh dan normal," kata psikolog anak, Jovita Ferlina, M.Psi saat acara peluncuran Hansaplast Cooling Fever di Ampera, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Orangtua yang panik, menangis dan histeris dijelaskan Jovita tidak membantu anak yang demam. Parahnya, hal tersebut justru dapat mempengaruhi kondisi si kecil hingga membuat suhu tubuhnya semakin meningkat.

Cegah Penyakit Melalui Vektor, Kemenkes Luncurkan SilantorHipertensi Bisa Meningkatkan Risiko Kecacatan Fisik


"Padahal orangtua seperti ini nggak ngebantu karena orangtua panik dan cemas apalagi nangis, bikin meningkatkan suhu tubuh anak. Anak makin rewel dan nggak enak," ujar dia.

Setidaknya ada beberapa hal yang dapat dilakukan para ibu agar tidak panik saat anak demam. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menenangkan si kecil agar ibu juga bisa merasa dan berpikir tenang.

"Sapa si kecil dengan lembut dan tenang, berikan sentuhan dan pelukan," kata dia.

Selanjutnya, Jovita menyarankan ibu untuk mengalihkan perhatian si kecil dari demam dan membuatnya merasa lebih tenang dengan bercerita kepada si kecil. Kemudian, ajak anak untuk membuat cerita sendiri dengan karakter dan gambar.

"Aktivitas bercerita dan mengajak anak membuat cerita sendiri juga merupakan salah satu cara untuk mengasah kreativitas yang penting untuk tumbuh kembang si kecil," ujar dia.
(alv)