Senegal Uji Alat Tes Cepat Corona COVID-19 Seharga 1 Dolar

Senegal Uji Alat Tes Cepat Corona COVID-19 Seharga 1 Dolar

Terbaiknews - Dakar - Ilmuwan Senegal pekan ini memulai uji validasi pada alat tes diagnostik (test kit)...

, Dakar - Ilmuwan Senegal pekan ini memulai uji validasi pada alat tes diagnostik (test kit) COVID-19 yang dapat dilakukan di rumah dan menghasilkan hasilnya hanya dalam 10 menit --dan semuanya hanya seharga US$ 1.

Rencananya adalah untuk memproduksi tes secara berkala di Senegal dan Inggris dan jika pengujian validasi memenuhi standar peraturan, tes tersebut dapat didistribusikan di seluruh Afrika pada awal Juni 2020.

"Fokus kami adalah memberikan tes ke benua Afrika," Amadou Sall, direktur Pasteur Institute di Dakar, mengatakan kepada Al Jazeera, dikutip pada Sabtu (28/3/2020).

Sall dan tim peneliti di ibukota Senegal, yang sebelumnya bekerja pada vaksin untuk demam kuning dan demam berdarah, mengembangkan prototipe untuk tes diagnostik dalam kemitraan dengan Mologic, sebuah perusahaan biotek Inggris yang didirikan oleh penemu tes kehamilan Clearblue.

Setelah siap, tes akan diproduksi di Inggris dan di fasilitas baru berbasis Dakar yang dikelola oleh DiaTropix, anak perusahaan dari Pasteur Institute yang berfokus pada pengujian penyakit menular.

Menurut Sall, situs di Dakar akan memiliki kapasitas awal untuk menghasilkan hingga empat juta tes setiap tahun. Para pengembang juga dalam pembicaraan tahap awal untuk situs manufaktur lokal yang akan didirikan di bagian lain benua.

"Ketika COVID-19 melanda, kami tahu sejak awal bahwa Afrika akan terpengaruh secara tidak proporsional," Joe Fitchett, direktur medis Mologic mengatakan kepada Al Jazeera.

"Dengan tes seperti ini, Anda dapat mendeteksi [virus] dengan sangat cepat di setiap bagian benua dan kemudian menghindari penularan."

Untuk mendeteksi sebanyak mungkin orang, Fitchett mengatakan alat tes Virus Corona itu akan dijual dengan harga murah --yaitu sekitar US$ 1-- berkat dukungan dari pemerintah Inggris dan Yayasan Bill and Melinda Gates.

"Intinya adalah mempertahankannya," kata Fitchett, seraya menambahkan mereka akan bekerja dengan pemasok untuk menjaga harga serendah mungkin.

Â

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.