Menkes: Peran Puskesmas dalam Penanganan COVID-19 di Sisi Hulu Sangat Penting

Menkes: Peran Puskesmas dalam Penanganan COVID-19 di Sisi Hulu Sangat Penting

Terbaiknews - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa peran puskesmas baik dalam...

, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa peran puskesmas baik dalam penanganan pandemi COVID-19 serta sistem kesehatan nasional ke depannya sangatlah besar.

"Khususnya untuk pandemi kami sekarang sedang memperbaiki aturan-aturan yang ada, agar peran puskesmas, terutama untuk sisi hulunya di tingkatkan," kata Menkes Budi dalam Deklarasi Komitmen Kolaborasi untuk Jawa Barat: Kolaborasi untuk Puskesmas Terpadu dan Juara (PUSPA) secara virtual.

Seperti disiarkan dari CISDI TV, dikutip Senin (1/2/2021), Budi mengatakan bahwa apapun yang dilakukan di sisi hilir atau rumah sakit yang tekanannya semakin berat, tidak akan memberikan manfaat maksimal jika masalah di sisi hulu tidak dibereskan.

Budi mengatakan, sisi hulu pertama adalah bagaimana mengubah perilaku masyarakat, untuk lebih patuh dalam melaksanakan protokol kesehatan: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Peranan puskesmas sebagai titik paling ujung, paling dekat ke masyarakat sangat penting," ujarnya.

Strategi kedua di hulu adalah testing, tracing, dan isolasi. Budi menegaskan bahwa di sini, puskesmas juga memiliki peran yang penting dan strategis.

Â

**

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.