Menkes Budi: Indonesia Beruntung Jadi 40 Negara Pertama Laksanakan Vaksinasi COVID-19

Menkes Budi: Indonesia Beruntung Jadi 40 Negara Pertama Laksanakan Vaksinasi COVID-19

Terbaiknews - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkanIndonesia beruntung masuk menjadi bagian...

, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, Indonesia beruntung masuk menjadi bagian dari 40 negara pertama di dunia yang melaksanakan vaksinasi COVID-19. Negara-negara lain seperti Amerika dan Uni Eropa juga sudah mulai vaksinasi COVID-19.

"Kita termasuk dari 40 negara pertama yang bisa melakukan vaksinasi COVID-19. Ini juga termasuk negara-negara di Uni Eropa," ungkap Budi saat dialogÂVaksin COVID-19 untuk Indonesia Bangkit, ditulis Senin, 1 Februari 2021.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 juga membutuhkan dukungan ketersediaan vaksin yang cukup. Saat ini, negara-negara lain pun berlomba secepat mungkin menyediakan vaksin COVID-19 untuk rakyatnya.

Di sisi lain, kapasitas pengadaan vaksin COVID-19 di dunia terbatas. Terlebih lagi pengadaan vaksin rutin tahunan, seperti flu dan lainnya juga harus tetap diproduksi.

"Untuk teman-teman ketahui, vaksin COVID-19 ini terbatas. Dibutuhkan kira-kira 11 miliar vaksin untuk seluruh dunia," imbuh Budi Gunadi.

"Tapi kapasitas produksi vaksin setahun hanya 6,2 miliar dosis, termasuk vaksin (rutin) yang dibutuhkan setiap tahunnya. Bisa dibayangkan, perebutan vaksin COVID-19 sangat tinggi di dunia."

Â

Â

Â

**

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.