Mengenal Lebih Jauh GeNose, Alat Pendeteksi Covid-19 Buatan Anak Negeri

Mengenal Lebih Jauh GeNose, Alat Pendeteksi Covid-19 Buatan Anak Negeri

Terbaiknews - Jakarta - Alat bernama GeNose C19 disebut dapat mendeteksi virus CoronaCovid-19 dengan cara mudah...

, Jakarta - Alat bernama GeNose C19 disebut dapat mendeteksi virus CoronaCovid-19 dengan cara mudah dan biaya yang murah.

GeNose C19 sendiri merupakan singkatan dari Gadjah Mada Electronic Nose. Alat yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mampu mendeteksi Covid-19 melalui embusan napas.

GeNose bekerja mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama embusan napas ke dalam kantong khusus.

Peneliti GeNose Dr. Dian K Nurputra mengatakan, GeNose sudah melalui serangkaian uji tes, sehingga alat ini dinilai efektif untuk mengetahui secara dini seseorang terkena Covid-19 atau tidak.

"Ini berbeda dengan alat kesehatan lainnya kita basisnya Artificial Intelligence (AI), kita menggunakan data base untuk melatih agar lebih pintar dalam membaca data," kata Dr. Dian dalam LIVE Instagram @kemenhub151, Senin, 1 Februari 2021.

Penggunaan GeNose C19 ini pun dipilih PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI untuk screening Covid-19 kepada para pelanggan KA Jarak Jauh.

Lantas, seperti apakah alat GeNose C19 buatan anak bangsa UGM yang mampu mendeteksi Covid-19 dengan mudah dan murah dihimpun Liputan6.com:

Â

Â

**

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.