Ketahui Pentingnya Asupan Zat Gizi Mikro

Ketahui Pentingnya Asupan Zat Gizi Mikro

Terbaiknews - Tubuh manusia membutuhkan asupan yang mengandung zat makro serta zat mikro. Keduanya memiliki kadar...

Tubuh manusia membutuhkan asupan yang mengandung zat makro serta zat mikro. Keduanya memiliki kadar kebutuhan juga manfaat yang berbeda bagi kesehatan tubuh.

Pemerhati kesehatan sekaligus seorang dokter, Lula Kamal menjelaskan bahwa yang dimaksud zat gizi makro adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan zat gizi mikro memiliki bentuk yang lebih kompleks sepertivitamin dan mineral.

Sesuai namanya, asupan zat gizi mikro hanya dibutuhkan sedikit oleh tubuh. Sayangnya seringkali terlupakan.

"Namanya juga mikro butuhnya sedikit banget, tapi kebutuhannya penting banget. Kalau kurang, organ tubuh gak optimal," jelas Lula dalam webinar peluncuran Nestle Ideal, Rabu (16/9/2020).

Kandungan vitamin, kalsium, dan zat besi juga termasuk dalam jenis zat gizi mikro. Lula menyampaikan, kecukupan ketiganya juga sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh.

"Mulai dari 80 persen kurangnya, bisa juga kalsium. Kalsium larinya nanti ke tulang gigi, gusi, dan juga masa otot," jelasnya.

Sedangkan zat besi yang membantu pembentukan darah. Lula memaparkan bahwa darah berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika kekurangan zat besi maka asupan oksigen juga akan turut berdampak. "Jadi kurang energi karena seluruh tubuh kurang juga oksigen," ucapnya.