Jerman Izinkan Penggunaan Vaksin COVID-19 AstraZeneca Hanya untuk Usia 18 hingga 64 Tahun

Jerman Izinkan Penggunaan Vaksin COVID-19 AstraZeneca Hanya untuk Usia 18 hingga 64 Tahun

Terbaiknews - Jakarta - Komite vaksin Jerman dalam draf rekomendasi mereka menyebutkan bahwa vaksin...

, Jakarta - Komite vaksin Jerman dalam draf rekomendasi mereka menyebutkan bahwa vaksin COVID-19AstraZeneca hanya boleh diberikan pada orang-orang berusia 18 hingga 64 tahun.

Pernyataan ini keluar sehari sebelum regulator Eropa mengeluarkan keputusan tentang persetujuan terhadap vaksin corona yang dikembangkan AstraZeneca dan Oxford.

"Saat ini tidak tersedia cukup data untuk menilai kemanjuran vaksin dari usia 65 tahun," kata komite yang dikenal sebagai STIKO tersebut, dalam rancangan resolusi yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan pada Kamis waktu setempat.

"Vaksin AstraZeneca, tidak seperti vaksin mRNA, hanya boleh ditawarkan pada orang berusia 18 sampai 64 tahun di setiap tahap," kata STIKO seperti dikutip dari South China Morning Post pada Jumat (29/1/2021).

Penilaian STIKO sendiri didasarkan data uji klinis yang diterbitkan di jurnal The Lancet pada 8 Desember 2020.

"Kemanjuran vaksin pada kelompok usia yang lebih tua tidak dapat dinilai tetapi akan ditentukan, apabila data yang cukup tersedia, dalam analisis di masa mendatang setelah lebih banyak kasus terkumpul," tulis tim tersebut seperti dikutip dari The Guardian.

Â

**

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Â