Jangan Santap Makanan Ini di Acara Penting, Bisa Bikin Sering Kentut!

Jangan Santap Makanan Ini di Acara Penting, Bisa Bikin Sering Kentut!

Terbaiknews - Kentut memang menyehatkan. Namun kalau keluar sembaranganbunyi dan bau kentut yang tidak sedap...

Kentut memang menyehatkan. Namun kalau keluar sembarangan, bunyi dan bau kentut yang tidak sedap bisa-bisa bikin Anda malu.

Kentut sendiri merupakan kombinasi dari udara dan makanan yang masuk dalam tubuh.Karena disebabkan oleh makanan, ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan sering kentut.

Dilansir dari Men's health, berikut adalah beberapa makanan yang bisa jadi penyebab kentut, antara lain:

Jangan Santap Makanan Ini di Acara Penting, Bisa Bikin Sering Kentut!
Ilustrasi brokoli (shutterstcok)

Sayuran: Brokoli, Kembang Kol, dan Kubis

Jenis sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis adalah makanan yang sangat tinggi serat dan karbohidrat sehingga tidak mudah dicerna oleh tubuh Anda.

"Tidak seperti komponen makanan lainnya, serat mencapai usus besar utuh," jelas David Poppers, M.D., Ph.D., ahli gastroenterologi dan profesor kedokteran klinis di NYU Langone Health.

"Mayoritas bakteri di saluran pencernaan hidup di usus besar. Bakteri memiliki kapasitas untuk memanfaatkan serat untuk energi tetapi produk sampingan dari metabolisme mereka adalah gas."

Buah: Apel, Pisang, dan persik

Buah juga tinggi gula alami, seperti fruktosa.

"Meskipun kurang umum daripada intoleransi laktosa, beberapa orang mengalami kelebihan gas dan kembung dari buah karena sistem pencernaan mereka tidak memecah semua gula dalam buah dengan benar," jelasnya.