Jangan Pernah Pakai Face Shield Tanpa Masker, Ini Risiko Bahayanya

Jangan Pernah Pakai Face Shield Tanpa Masker, Ini Risiko Bahayanya

Terbaiknews - Selain memakai masker banyak orang juga memakai face shield atau pelindung wajah di tengah pandemi...

Selain memakai masker banyak orang juga memakai face shield atau pelindung wajah di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Tapi untuk alasan penampilan, banyak yang akhirnya hanya menggunakan face shield tanpa menggunakan masker.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kementerian Kesehatan RI Achmad Yurianto mengatakan justru itu tidak efektif melindungi dari Covid-19. Ia mengatakan faktor penting dalam mencegah Covid-19 adalah memakai masker.

Jangan Pernah Pakai Face Shield Tanpa Masker, Ini Risiko Bahayanya
Ilustrasi Face Shield. (Unsplash)

"Cuma pakai face shield nggak pakai masker tetap aja (tidak efektif)," jelas Yurianto dalam acara No Sleep For Weekend, Sabtu (25/7/2020).

Mantan jubir pemerintah untuk Covid-19 itu menjelaskan, peran penting penggunaan masker bisa memperkecil risiko penularan hingga 1 persen. Masker secara efektif mencegah keluar dan masuknya droplet atau percikan ludah dari orang lain meski dengan ukuran yang lebih kecil.

"Kalau yang sakit nggak pake masker, yang lain nggak pakai masker penularan bisa 90 persen. Kalau yang sakit menggunakan masker, penurunannya turun menjadi 15 persen. Kalau semua pakai masker, bisa turun hingga 1 persen," terang Yurianto.

Droplet yang berbahaya adalah yang berukuran kecil, dan virus bisa terkandung di dalamnya, masuk ke tubuh lalu berkembangbiak memperbanyak diri.

Yurianto kemudian mengumpamakan memakai face shield sama seperti memakai payung saat hujan. Tapi tidak bisa mencegah adanya cipratan air dari samping akibat kendaraan yang melaju.

Lalu saat seseorang memakai masker dan face shield, maka serupa dengan saat hujan memakai payung dan jas hujan.

"Pakai face shield dan masker itu baru yang maksimal," pungkas Yurianto.