Gunakan Air Mengalir usai Kulit Terbakar agar Tak Memunculkan Bekas

Gunakan Air Mengalir usai Kulit Terbakar agar Tak Memunculkan Bekas

Terbaiknews - Luka bakar merupakan masalah yang tidak hanya menyakitkan namun juga meninggalkan bekas luka yang...

Luka bakar merupakan masalah yang tidak hanya menyakitkan namun juga meninggalkan bekas luka yang sulit hilang. Walau begitu, ternyata ada cara agar luka bakar ini tidak membekas di kulit.

Langkah pertama yang bisa dilalakukan agar luka bakar pada kulit tak memunculkan bekas atau parut, segeralah membasuhnya menggunakan air mengalir selama 10-20 menit. Medical Expert Combiphar, dr. Sandi Perutama Gani menyarankan, setelahnya segeralah keringkan area kulit terkena luka bakar.

"Basuhi area menggunakan air mengalir, pastikan air bersih lalu keringkan. Jangan dioleskan bahan-bahan seperti kecap atau pasta gigi," kata dia beberapa waktu lalu, dilansir dari Antara.

Air mengalir bisa mendinginkan atau melepaskan panas pada area kulit yang terkena luka. Setelahnya, oleskan salep khusus untuk perawatan luka bakar tipis dengan ketebalan sekitar 1 milimeter setiap 4-6 jam.

Sebaiknya pilihlah yang mengandung antimikrobial untuk mencegah bakteri berkembang, sifat anti-inflamasi untuk melepaskan panas dan melembapkan karena kondisi area luka lembap bisa mempercepat penyembuhan luka.

Revive Adserver Asynchronous JS Tag - Generated with Revive Adserver v5.0.5 www.merdeka.com - Showcase
1 dari 1 halaman