Efek Samping 4 Vaksin COVID-19 yang Sudah Dapat EUA di Beberapa Negara

Efek Samping 4 Vaksin COVID-19 yang Sudah Dapat EUA di Beberapa Negara

Terbaiknews - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui penggunaan darurat vaksin COVID-19 Sinovac. Hal...

, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui penggunaan darurat vaksin COVID-19 Sinovac. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara di luar China, yang mengeluarkan Emergency Use AuthorizationÂ(EUA) untuk vaksin tersebut.

Faktor keamanan menjadi salah satu hal yang harus ditinjau oleh para ahli sebelum memberikan izin penggunaan darurat suatu vaksin.

Berikut ini beberapa efek samping terkait vaksin COVID-19 yang telah mendapatkan izin pakai darurat dari berbagai negara, dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (12/1/2021).

1. Sinovac

Vaksin COVID-19 Sinovac menjadi vaksin pertama yang mendapatkan persetujuan penggunaan darurat di Indonesia.

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengungkapkan, hasil analisis efikasi vaksin CoronaVac berdasarkan uji klinis di Bandung, menunjukkan efikasi vaksin sebesar 65,3 persen. Sementara hasil efikasi di Turki mencapai 91,25 persen dan di Brasil 78 persen.

Selain itu, berdasarkan data dukung keamanan dari uji klinis fase tiga di Indonesia, Turki, dan Brasil, yang dipantau sampai periode tiga bulan usai penyuntikan dosis kedua.

"Efek samping lokal berupa nyeri, iritasi, pembengkakan, serta efek samping sistemik berupa nyeri otot, fatigue, dan demam," kata Penny K. Lukito.

Sementara, frekuensi efek samping vaksin COVID-19 dengan derajat berat seperti sakit kepala, gangguan di kulit, atau diare, hanya dilaporkan 0,1 sampai 1 persen. Penny mengatakan efek samping tersebut tidak berbahaya dan dapat pulih kembali.

Â