Dinilai Buruk Tangani COVID-19, Presiden Brasil Jair Bolsonaro Diminta Mundur

Dinilai Buruk Tangani COVID-19, Presiden Brasil Jair Bolsonaro Diminta Mundur

Terbaiknews - Brasília - Ratusan orang di Brasil pada Minggu31 Januari 2021melakukan aksi protes...

, Brasília - Ratusan orang di Brasil pada Minggu, 31 Januari 2021, melakukan aksi protes terhadap penanganan COVID-19 yang dianggap telah gagal dilakukan pemerintah Brasil.

Banyak di antara mereka yang meminta Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, untuk mengundurkan diri.

Virus CoronaÂtelah merenggut lebih dari 223 ribu nyawa di Brasil. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi nomor dua setelah Amerika Serikat (AS). Per 31 Januari 2021,Âdengan kasus kematian akibat COVID-19 di AS yang mencapai 440 ribu orang.

Sekitar 200 orang terpantau berkumpul di pusat wilayah Brasilia, memegang poster dan spanduk bertuliskan 'Bolsonaro Out' dan 'Impeachment Now'. Sejumlah mobilÂpun melaju dengan perlahan sambil membunyikan klakson sebagai bentuk dukungan untuk para demonstran.

Aksi protes kali ini lebih besar dari yang sebelumnya dilakukan pada minggu lalu, yang diorganisir oleh partai dan kelompok kiri.

Sejumlah orang juga terpantau berdiri di depan gedung Kongres Nasional, sambil mengenakan kantong plastik di atas kepala mereka.

Aksi tersebut melambangkan pasien COVID-19 di negara bagian Amazonas utara yang meninggal setelah rumah sakit kehabisan oksigen. Masalah tersebut juga terjadi di sejumlah rumah sakit di negara bagian Para dan Roraima.

"Akibat salah urus ini menyebabkan lebih dari 220.000 kematian akibat COVID-19. Cukup dengan Bolsonaro - impeachment sekarang," ujar Ruth Venceremos, seorang aktivis LGBTQ yang ikut dalam protes itu, kepada AFP, dan dikutip laman Channel News AsiaÂpada Senin, 1 Februari 2021.

Aksi protes penuntutan pengunduran diri Bolsonaro juga terjadi di Sao Paulo dan Rio de Janeiro.