Cegah Corona Covid-19, Ini 5 Kriteria Orang yang Harus Mengisolasi Diri!

Cegah Corona Covid-19, Ini 5 Kriteria Orang yang Harus Mengisolasi Diri!

Terbaiknews - Demi mencegah penyebaran virus corona Covid-19 lebih luassemua orang pun disarankan mengisolasi...

Demi mencegah penyebaran virus corona Covid-19 lebih luas, semua orang pun disarankan mengisolasi diri di dalam rumah. Tindakan ini berfungsi mencegah orang tertular atau menularkan virus ke orang lain.

Tetapi, orang dengan kondisi kesehatan serius lebih diutamakan untuk mengisolasi diri atau menghindari kontak sosial selama 12 minggu.

Dalam hal ini, orang berusia 70 tahun yang memiliki kondisi kesehatan mendasari dan wanita hamil sangat disarankan untuk membatasi interaksi sosial dengan teman dan orang lain.

Karena, orang tua usia 70 tahun dengan kondisi kesehatan yang mendasari lebih berisiko tertular flu dan terinfeksi virus. Apalagi jika mereka memiliki riwayat penyakit pernapasan seperti asma.

Berikut ini dilansir oleh The Sun, beberapa kriteria orang yang perlu mengisolasi diri selama 12 minggu untuk mencegah penularan virus corona Covid-19.

1. Orang usia 70 tahun ke atas

Lansia sangat rentan dan berisiko terhadap infeksi virus corona Covid-19, karena sistem kekebalan tubuhnya yang lemah. Sehingga mereka lebih baik berada di dalam rumah karena tubuhnya kurang mampu melawan corona Covid-19.

"Kami tahu bahwa seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh orang akan melemah. Itulah sebabnya orang tua berisiko tinggi komplikasi serius dan infeksi virus corona," kata dr. Sarah Jarvis, Direktur Klinis Patient Access.

Cegah Corona Covid-19, Ini 5 Kriteria Orang yang Harus Mengisolasi Diri!
Ilustrasi ibu hamil (shutterstock)

2. Ibu hamil

Ibu hamil juga termasuk kelompok yang rentan terinfeksi virus corona Covid-19. Karena itu, ibu hamil perlu mengisolasi diri di dalam rumah selama 12 minggu.

Meskipun belum ada bukti yang kuat, tetapi wanita hamil dengan virus corona Covid-19 dilaporkan berisiko melahirkan prematur.

3. Orang dengan kondisi kesehatan parah

Orang-orang dengan masalah pernapasan parah seperti cystic fibrosis harus mengisolasi diri selama 12 minggu. Karena, orang dengan kondisi ini lebih mungkin terserang infeksi virus corona Covid-19.

Begitu pula dengan orang yang memiliki kondisi kesehatan parah seperti, masalah paru-paru, jantung hingga penyakit ginjal berat yang perlu cuci darah.

4. Pasien kanker

Penderita kanker lebih berisiko tinggi tertular dan mengalami komplikasi corona Covid-19. Karena kanker dan pengobatan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Sehingga penderita kanker yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah lebih susah melawan infeksi virus corona Covid-19.

5. Penderita Immunodefisiensi Primer (PID)

Kekurangan imun primer merupakan gangguan dari sistem kekebalan tubuh yang hilang atau tidak berfungsi normal. Kondisi ini membuat orang tidak memiliki pertahanan alami terhadap kuman, bakteri dan virus, termasuk corona Covid-19.

Karena itu, orang dengan immunodefisiensi primer lebih baik mengisolasi diri demi mencegah penularan virus corona Covid-19.

Catatan Redaksi:Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.