Catatkan Tren Positif, Satgas Covid-19 Puji Implementasi PPKM DKI dan Jabar

Catatkan Tren Positif, Satgas Covid-19 Puji Implementasi PPKM DKI dan Jabar

Terbaiknews - Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakanDKI Jakarta dan Jawa...

, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan, DKI Jakarta dan Jawa Barat, mencatatkan tren positif selama tiga minggu pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal itu diketahui dari empat parameter nasional PPKM, yakni kasus aktif, kesembuhan, kematian dan keterisian tempat tidur.

"Tren kasus aktif memperlihatkan penurunan, dimana dua minggu sebelumnya menunjukkan tren kenaikan, dari hasil evaluasi penanganan Covid-19 di Provinsi Ibu Kota DKI Jakarta dan Jawa Barat. Seluruh daerah di Indonesia harus bisa memetik pelajaran," kata Wiku dalam jumpa pers disampaikan via daring, Kamis, 4 Februari 2021.

Namun menurut Wiku, hasil analisis data DKI dan Jawa Barat, belum bisa dikatakan berhasil sepenuhnya. Sebab, ukuran keberhasilan total ketika sebuah provinsi dapat keluar dari empat indikator parameter nasional yang ditetapkan adalah selama empat minggu berturut-turut.

"Pada prinsipnya, kita dapat belajar dari keunggulan pihak lain untuk dapat ditiru maupun menjadi kekurangan yang bisa dicegah," jelasnya.Â

Dari keempat indikator tersebut, lanjut Wiku, bisa mencerminkan pentingnya komunikasi antara komponen pemerintah pusat dan daerah, maupun daerah dan daerah untuk sama-sama saling membantu jika menemui kesulitan.

"Kita mengajak pemerintah daerah untuk meningkatkan koordinasi vertikal dan horizontal untuk meningkatkan kualitas penanganan Pandemi Covid-19 yang lebih baik," ujar Jubir Satgas Covid-19 ini.

Â

Â

**

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.