Benarkah Jus Mengkudu Bisa Percepat Penyembuhan Covid-19? Ini Kata Ahli

Benarkah Jus Mengkudu Bisa Percepat Penyembuhan Covid-19? Ini Kata Ahli

Terbaiknews - Baru-baru ini ramai kabar sejumlah pasien yang mengklaim sembuh setelah mengonsumsi jus mengkudu....

Baru-baru ini ramai kabar sejumlah pasien yang mengklaim sembuh setelah mengonsumsi jus mengkudu. Minuman yang dimaksud ialah Trasdar Jus C-19 yang dibuat dari olahan sari pati buah mengkudu.

Tapi Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr. Inggrid Tania meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan testimoni dan klaim yang diberikan. Ia mengatakan bahwa butuh penelitian yang jelas sebelum mengklaim efektivitas sebuah produk, termasuk minuman herbal.

Inggrid menjelaskan, bahwa menurut penelitian terdahulu, mengkudu memang memiliki sifat untuk meningkatkan imunitas tubuh, meredakan demam dan juga batuk.

Benarkah Jus Mengkudu Bisa Percepat Penyembuhan Covid-19? Ini Kata Ahli
Mengkudu, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)

"Tetapi kalau dikatakan antivitrus belum bisa, misal belum bisa dikatakan bisa menyembuhkan SARS-Cov2, tapi secara teori sebelum nya itu sangat mungkin karena sudah ada khasiat sebagai peningkat imunitas dan pereda demam dan bantuk. Tetapi kalau peraturan tidak boleh diklaim obat Covid-19," kata Inggrid saat dihubungi Suara.com, Kamis, (23/7/2020).

Inggrid melanjutkan, bahwa klaim sepihak seperti tersebut sangat membayakan masyarakat. Hal ini bisa membuat masyarakat menyepelekan bahaya Covid-19.

"Jadi karena ada percaya kalau seperti itu, jadi menganggap gampang Covid-19, ringan dengan macam suplemen tadi herbal saja sudah Sembuh. Yang dikahwatirkan itu, jadi orang orang abai terhadap pencegahan dan protokol kesehatan," ujar Inggrid.

Oleh karena itu ia meminta masyarakat untuk lebih kritis lagi dalam menerima informasi. Ia menyarankan untuk mencari kebenaran informasi tersebut ke lembaga terpercaya seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan, serta organisasi profesi terkait.