Bahaya untuk Anak, Dokter Sebut Vape Tak Bikin Orang Berhenti Merokok

Bahaya untuk Anak, Dokter Sebut Vape Tak Bikin Orang Berhenti Merokok

Terbaiknews - Bahaya untuk AnakDokter Sebut Vape Tak Bikin Orang Berhenti MerokokPenggunaan vape pada anak-anak...

Bahaya untuk Anak, Dokter Sebut Vape Tak Bikin Orang Berhenti Merokok

Penggunaan vape pada anak-anak tidak membuatnya menjauhi rokok. Dokter mengatakan, anak-anak justru bisa menjadi pengguna vape sekaligus perokok. Waduh!

Tak sedikit perokok yang mengaku sulit berhenti merokok meski tahu bahaya yang ditimbulkan produk tembakau tersebut.

Alih-alih berhenti jadi perokok aktif, mereka justru beralih ke vape dengan alasan agar bisa menghentikan kecanduan terhadap rokok.

Dr. Darmawan Budi Setyanto, Sp.A(K) mengatakan bahwa rokok dan vape memiliki bahaya yang sama bagi kesehatan.

"Mereka membungkus diri ini tidak seberbahaya rokok dan jadi alternatif agar berhenti merokok. Itu adalah janji palsu yang sering dilontarkan. Pada kenyataannya vaping tidak menyebabkan orang berhenti merokok. Justru jadi dua user," kata Darmawan dalam Webinar yang dilaksanakan IDAI, Rabu (3/6/2020).

Iklan dan promosi vape yang dilakukan secara gencar itu, menurut Darmawan, memikat orang agar tertarik. Terlebih dengan tambahan berbagai rasa yang busa memikat anak-anak.

Bahaya untuk Anak, Dokter Sebut Vape Tak Bikin Orang Berhenti Merokok
Ilustrasi vape. (Dok. Shutterstock)

"Jadi ini istilahnya musang berbulu ayam. Jadi dia membungkus diri dengan lebih halus kemudian ditambah perasa segala macam sehingga menimbulkan ketertarikan terutama pada pengguna anak-anak," ucapnya.

Segala apa pun produk tembakau yang dibakar, entah rokok konfensional, shisa, maupun vape, Darmawan menegaskan bahwa seluruhnya memiliki tingkat bahaya yang sama. Ia menjelaskan, kandungan nikotin yang tersapat pada setiap produk tembakau itu lah yang menjadi bahaya bagi tubuh.

"Banyak kajiannya bahwa vape bentuk lain dari rokok dan kandungan utama pada vape adalah nikotin. Ini lah inti bahayanya karena yang bikin kecanduan, adiksi. Kalau udah adiksi dia sulit melepaskan diri. Kandungan utama dari vape itu nikotin dan ditambah zat kimia yang tidak kalah berbahaya," ucapnya.