Arab Saudi Larang Sementara Indonesia Kirim Jemaah Umrah Usai 13 Orang Positif COVID-19

Arab Saudi Larang Sementara Indonesia Kirim Jemaah Umrah Usai 13 Orang Positif COVID-19

Terbaiknews - Kabar terkini dari Arab Saudi bahwa negara tersebut melarang sementara Indonesia mengirim jemaah...

, Kabar terkini dari Arab Saudi bahwa negara tersebut melarang sementara Indonesia mengirim jemaah umrah.

Konsul Haji dan Umrah di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kota Jeddah, Arab Saudi Endang Jumali mengatakan saat ini pihak Saudi sedang melakukan evaluasi terkait pelaksanaan protokol kesehatan untuk COVID-19 dan kebijakan-kebijakan pelaksanaan umrah di masa pandemi ini.

Baru sekitar dua pekan, Arab Saudi mengizinkan jemaah dari luar negeri termasuk Indonesia datang untuk berumrah, negara Ka'bah itu kembali memutuskan melarang Indonesia mengirim jemaah umrahnya. Keputusan itu diambil secara sepihak oleh Arab Saudi setelah mendapati adanya 13 jemaah dari Indonesia yang terinfeksi COVID-19, setelah menjalani tes swab saat menjalani karantina tiga hari di hotel tempat mereka menginap.

Mengutip VOA Indonesia, Rabu (18/11/2020), Endang Jumali, Konsul Haji dan Umrah di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kota Jeddah, Arab Saudi membenarkan mengenai adanya larangan sementara bagi Indonesia untuk mengirim jemaah umrah. Dia menambahkan sekarang ini pihak Saudi sedang melakukan evaluasi terkait pelaksanaan protokol kesehatan untuk COVID-19 dan kebijakan-kebijakan pelaksanaan umrah di masa pandemi COVID-19.

"Sehingga larangan bagi jemaah dari Indonesia hanya bersifat sementara yang kemungkinan untuk evaluasi berbagai aspek, baik di Arab saudi ataupun di Indonesia," kata Endang.

Endang mengatakan sejak umrah bagi jemaah dari luar negeri dibuka pada 1 November lalu, Arab saudi baru mengizinkan Indonesia dan Pakistan untuk mengirim jemaah umrah. Dia mengakui Saudi tidak menerbitkan daftar negara yang boleh memberangkatkan jemaah umrah. Riyadh juga tidak membuat pengumuman resmi tentang larangan sementara bagi jemaah umrah dari Indonesia.

Â