7 Manfaat Pil KB, Mulai Mencegah Kehamilan hingga Kanker

7 Manfaat Pil KB, Mulai Mencegah Kehamilan hingga Kanker

Terbaiknews - NEW DELHI - Pil KB dan kondom adalah pilihan kontrasepsi paling populer. Sementarakondom diyakini...
NEW DELHI - Pil KB dan kondom adalah pilihan kontrasepsi paling populer. Sementara, kondom diyakini tidak memiliki efek samping dan pil KB dipercaya menyebabkan penambahan berat badan dan menyebabkan infertilitas. Semua ini adalah mitos biasa dan pil KB memiliki banyak manfaat kesehatan, selain mencegah kehamilan.

Seperti dilansir Times of India, penggunaan pil KB yang tepat mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, aborsi, dan komplikasi terkait kelahiran lainnya. Beriktu ini manfaat pil KB;

1. Mengatur siklus menstruasi
Pola makan yang buruk, polusi, stres, dan gaya hidup yang tidak sehat dapat merusak siklus menstruasi. Pil KB dapat membantu mengatur siklus menstruasi, kembali ke siklus 28 hingga 31 hari.

3 Alasan Perut Sakit Setelah BerolahragaZurich Health Festival Ajak Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat


2. Kram, perdarahan dan gejala PMS lebih sedikit
Bagi beberapa wanita, menstruasi bisa sangat menyakitkan dan sulit untuk dihadapi. Menggunakan pil KB mengurangi jumlah prostaglandin yang menebalkan dinding rahim dan membuat periode menyakitkan.

3. Relief dari endometriosis dan kista ovarium
Endometriosis adalah suatu kondisi, dimana jaringan tumbuh keluar dari rahim dan menyebabkan rasa sakit yang parah. Pil KB telah terbukti membantu mengurangi pertumbuhan jaringan ini yang pada gilirannya dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Peluang ovulasi dihilangkan dengan mengonsumsi pil KB, sehingga kemungkinan terkena kista menjadi lebih sedikit.

4. Membantu mengendalikan PCOS (Sindrom ovarium kistik kistik)
PCOS memiliki beberapa efek samping seperti menstruasi yang terlambat, rambut wajah yang berlebihan, dan kram. Pil KB membantu mengurangi efek samping ini.

5. Memperbaiki kulit
Pil KB membantu menurunkan kadar androgen dalam tubuh. Androgen adalah hormon yang membantu memproduksi minyak. Pada gilirannya pil KB membantu dalam mengurangi jerawat. Pil tersebut merupakan kombinasi dari estrogen dan progestin dan oleh karena itu sering diresepkan untuk mereka yang memiliki masalah jerawat parah.

6. Mengurangi risiko kanker

Dikatakan semakin lama seseorang minum pil ini, semakin rendah kemungkinan terkena kanker ovarium. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2013 oleh Obstetrics and Gynecology, wanita yang menggunakan pil KB mengalami penurunan 40 persen dalam penularan kanker ovarium.

7. Mengurangi risiko anemia

Beberapa wanita mengalami pendarahan yang sangat berat selama periode mereka, yang meningkatkan kemungkinan mereka menderita anemia. Pil KB mengontrol perdarahan, yang pada gilirannya menurunkan risiko kekurangan zat besi dan karenanya anemia.
(tdy)