5 Makanan Tinggi Lemak yang Justru Baik untuk Kesehatan

5 Makanan Tinggi Lemak yang Justru Baik untuk Kesehatan

Terbaiknews - Lemak merupakan salah satu makronutrien yang esensial bagi tubuh. Tapi masalahnyabanyak orang...

Lemak merupakan salah satu makronutrien yang esensial bagi tubuh. Tapi masalahnya, banyak orang salah kaprah soal lemak dan malah menghindarinya sama sekali.

Padahal, tidak semua lemak buruk untuk tubuh kita. Jangan sampai kita menjauhi lemak baik yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa jenis makanan berikut dikenal memiliki kandungan lemak yang tinggi, namun makanan ini justru sangat baik bagi kesehatan. Dikutip dari The List, berikut 5 jenis makanan tinggi lemak yang perlu Anda konsumsi:

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti tuna, makarel, salmon, dan sarden merupakan makanan tinggi lemak karena kaya akan asam lemak omega-3.

American Heart Association merekomendasikan mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan berlemak setiap minggunya untuk menyehatkan jantung, menurunkan risiko demensia, ataupun depresi.

Tidak suka ikan? Anda bisa menggantikannya dengan mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 sekaligus menambah dosis vitamin D.

2. Telur

Makanan tinggi lemak berikutnya adalah telur, yang merupakan sumber protein terbaik. Meski banyak orang yang menghindari bagian kuning telurnya, akan tetapi justru bagian tersebut yang memiliki kandungan sehat.

Kuning telur mengandung choline, salah satu jenis vitamin B yang menyehatkan otak, hati, otot, dan fungsi saraf, serta vitamin D dan fitonutrien seperti lutein.

Kuning telur juga mengandung 5,3 gram lemak, di mana 1,6 gram di antaranya adalah lemak jenuh. Telur sering dianggap meningkatkan kolesterol, namun faktanya justru dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Produk susu

Produk susu kaya lemak seperti keju dan susu menjadi makanan tinggi lemak berikutnya. Produk susu ini kaya akan kalsium, protein, fosfor, selenium, dan vitamin B12.

Selain itu, yogurt kaya lemak juga bisa membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan, serta melindungi kesehatan jantung.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Mengonsumsi kacang-kacang dan biji-bijian sangat baik untuk tubuh. Kacang tak hanya termasuk makanan tinggi lemak, namun juga mengandung protein, serat, vitamin E, dan juga magnesium.

Rutin mengonsumsi kacang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Selain kacang, ada juga biji-bijian yang tinggi lemak. Keduanya bisa kita konsumsi dengan cara mencampurnya pada salad, smoothie, dan oatmeal, atau dijadikan cemilan.

5. Alpukat

Alpukat adalah makanan tinggi lemak yang sangat baik untuk tubuh. Sempat disalahartikan sebagai buah yang menyebabkan gemuk, justru kandungan lemak monounsaturated pada alpukat sangat baik untuk jantung.

Alpukat juga kaya akan serat dan potasium. Mengonsumsi alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, serta menaikkan kadar kolesterol baik.

Selain itu, konsumsi alpukat juga bisa membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak di perut.