4 Jenis Olahraga dan Fungsinya yang Harus Diketahui

4 Jenis Olahraga dan Fungsinya yang Harus Diketahui

Terbaiknews - JAKARTA - Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahragadr. Zaini K Saragih menjelaskan secara...
JAKARTA - Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Zaini K Saragih menjelaskan secara ilmiah ada empat jenis olahraga, yakni endurance, strength, balance, dan flexibility. Semua itu memiliki fungsi penting dan ada baiknya Anda mengetahuinya.

Endurance berfungsi meningkatkan detak jantung. Manfaatnya untuk menjaga jantung, sistem peredaran darah, dan meningkatkan kebugaran.

Sementara, stregth berfungsi untuk melatih otot dan balance membantu mencegah terjatuh saat beraktivitas. Adapun flexibility berfungsi untuk melenturkan otot-otot yang tegang. ''Keempat (endurance, strength, balance, flexibility) itu untuk mengukur kebugaran tubuh,'' kata dr. Zaini.

3 Alasan Perut Sakit Setelah BerolahragaZurich Health Festival Ajak Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat


Sementara, meski aktivitas fisik tergolong kegiatan mudah dan bermanfaat bagi kesehatan, aktivitas fisik dalam hal ini olahraga harus dilakukan dengan benar. Olahraga yang benar dilakukan secara bertahap. Hal ini dapat dimulai dengan pemanasan termasuk peregangan selama 5-10 menit, dilanjutkan dengan latihan inti 20-60 menit, diakhiri dengan pendinginan 5-10 menit.

''Olahraga teratur dilakukan 3-5 kali seminggu selang sehari istirahat, dilakukan rutin di dalam atau di luar ruangan," jelas Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga drg. Kartini Rustandi, M.Kes.

Selain itu, aktivitas fisik minimal dilakukan 30 menit per hari. Bagi anak-anak, aktivitas fisik dilakukan, minimal 60 menit per hari karena anak-anak perlu banyak bergerak untuk menstimulasi pertumbuhan fisiknya.
(tdy)