Kata Mutiara Bahasa Jawa Lucu dan Sarat Makna

Kata Mutiara Bahasa Jawa Lucu dan Sarat Makna

Terbaiknews - Kata mutiara bahasa Jawa lucu sering dijadikan orang-orang sebagai penyemangat hidup. Ketika...

Kata mutiara bahasa Jawa lucu sering dijadikan orang-orang sebagai penyemangat hidup. Ketika hari-hari dipenuhi keseriusan yang sering membuat jenuh, maka lelucon adalah solusinya. Simak kumpulan kata-kata mutiara berbahasa Jawa berikut ini untuk menyegarkan pikiranmu kembali.

Orang-orang Jawa memang suka menyelipkan kelucuan di beberapa ujarannya. Namun, dibalik lucunya itu terkadang tersirat ajaran-ajaran untuk lebih memaknai hidup. Kata-kata mutiara berbahasa Jawa tersebut bisa membawa efek lucu tersendiri yang sarat makna.

Kata-kata mutiara bahasa Jawa lucu itu bisa muncul dari beberapa pintu. Bisa dari pepatah orang tua, nasihat seorang tokoh, atau tradisi lisan masyarakat. Kalimat-kalimat yang unik dan humoris justru bisa dengan mudah melekat di kepala.

Kalau kamu butuh kata-kata motivasi yang tidak kaku untuk penyemangat hari-harimu, kamu bisa temukan di sini. Ada beberapa humor bahasa Jawa yang lucu dan sarat makna. Langsung aja simak dan bagikan untuk memotivasi sekaligus menghibur orang lain juga.

Pilihan Editor
Kumpulan Kata Kata Lucu Banget yang Bikin Ngakak Guling GulingGambar Kata Kata Lucu buat Menghibur Hari HarimuKata Kata Lucu tentang Cinta yang Bikin Senyum Sendiri Sekaligus Bikin Baper

Daftar Isi
Kata-Kata Lucu Bahasa Jawa dan ArtinyaKata Bijak Bahasa Jawa untuk Menyemangati Hari-HariPepatah Orang Jawa yang Kocak tapi BermaknaKalimat Bijak Bahasa Jawa lucu yang Menghibur dan MenginspirasiKata Mutiara Bahasa Jawa Lucu Sebagai Inspirasi Hidup
Kata-Kata Lucu Bahasa Jawa dan Artinya

Kata Mutiara Bahasa Jawa Lucu dan Sarat MaknaKata Mutiara Bahasa Jawa Lucu dan Sarat Makna

1. Criping Telo

Tresno iku kadang koyo criping telo. Iso ajur nek ora ngati-ati le nggowo.

Criping telo jika dalam bahasa Indonesia adalah keripik singkong. Rasanya gurih dan renyah.

Menjaga kesungguhan cinta sama saja dengan menjaga keripik singkong. Jika tidak hati-hati, akan remuk dan hancur. Kira-kira begitu yang hendak disampaikan melalui kalimat bijak di atas.

2. Upil

Ojo dadi pengecut koyo upil sing umpetan ning ngisor meja.

Upil adalah ingus kering dalam hidung. Setiap manusia pasti pernah mengupil. Hanya saja, tidak semua orang hobi meletakan upil di bawah meja.

Kebiasaan yang jorok ini sangat kocak jika dijadikan analogi untuk menggambarkan ajaran hidup. Janganlah jadi orang pengecut seperti upil yang bersembunyi di bawah meja. Jangan hanya lihat kejorokan upilnya, tapi maknai petuah tersiratnya.

3. Niat Bekerja

Niat kerjo, ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan.

Niat bekerja, bukan cari perkara. Niat mencari rejeki, bukan cari perhatian belaka. Bukan balapan, apalagi ugal-ugalan.

Kira-kira begitulah jika kata lucu bahasa Jawa kasar ini diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Yang unik dari kata mutiara bahasa jawa lucu ini adalah rima akhir yang enak didengar.

4. Cobaan

Urip iku akeh cobaan. Yen akeh saweran iku jenenge dangdutan.

Semua orang semestinya menyadari bahwa kehidupan ini berisi cobaan demi cobaan. Setiap cobaan mesti dihadapi dengan tegar dan tidak mudah menyerah.

Kamu bisa sampaikan pada temanmu yang suka nonton acara dangdut. Sambil bercanda, tegaskan padanya bahwa hidup itu berisi cobaan, bukan saweran seperti kebiasaan orang nonton dangdut.

5. Hidup Sederhana

Kuat lakoni, ora kuat tinggal ngopi.

Menghadapi hiruk pikuk duniawi mesti harus sabar dan kuat. Kita hanya akan terombang-ambing dalam setiap masalah jika lembek dan mudah menyerah.

Bersungguh-sungguhlah tapi tetap santai dan jangan terlalu kaku. Kuat ya dijalani, jika tak kuat bisa istirahat dulu sambil menyeruput kopi seperti kata-kata mutiara bahasa Jawa lucu ini. Kalimat ini sering muncul sebagai meme bahasa jawa lucu di media sosial.

Terkait
Kata Mutiara Bahasa Jawa Lucu dan Sarat MaknaKata-Kata Gombal Lucu Buat Pacar atau GebetanKata Kata Bijak Cinta Lucu untuk Menginspirasi Hubungan AsmaramuKata Kata Lucu buat Pacar yang Bisa Bikin Kamu dan Pasanganmu jadi HappyKata Kata Lucu Bahasa Jawa untuk Dijadikan Guyonan dengan Teman-TemanKata Kata Lucu Buat Status Fb yang Menghibur & Menghilangkan StresKata Kata Lucu Singkat yang Bisa Kamu Jadiin Status Kocak di SosMed Kamu

Kata Bijak Bahasa Jawa untuk Menyemangati Hari-Hari

Kata Mutiara Bahasa Jawa Lucu dan Sarat MaknaKata Mutiara Bahasa Jawa Lucu dan Sarat Makna

1. Berani Hidup Susah

Witing tresno jalaran soko kulino. Witing mulyo jalaran wani rekoso.

Ungkapan witing tresno jalaran soko kulino adalah pepatah arif orang-orang zaman dahulu. Maksudnya kira-kira adalah bahwa cinta itu tumbuh lantaran ada kebiasaan.

Banyak orang kemudian memodifikasi ungkapan ini dengan pokok bahasan yang lain tapi masih punya rima akhir yang serupa. Salah satunya adalah witing mulyo jalaran wani rekoso. Artinya adalah kemakmuran itu timbul karena berani bersusah dahulu.

2. Kelilipan

Wong ki yo ngingeti ngisor barang. Ojo Ndangak ae, nek kelilipen kapok.

Terkadang, ada orang yang terlena dengan rejeki yang melimpah tanpa mau melihat yang sedang berada di bawahnya. Mungkin harta melimpah membuatnya lupa akan saudara sesamanya yang sedang kesusahan.

Jika ada kasus seperti ini, biasanya orang Jawa akan mengeluarkan petuah. Terkadang mereka menyelipkan hal-hal yang lucu agar tetap bisa santai. Lihat saja kata mutiara bahasa Jawa lucu di atas.

3. Menurunkan Ego

Wong menang iku wong sing bisa ngasorake priyanggane dhewe.

Tak ada habisnya jika membahas siapa yang menang siapa yang kalah. Sejatinya kalah menang itu bukan tentang pencapaian. Melainkan tentang ketentraman batin.

Orang yang kuat adalah yang bisa melawan dirinya sendiri. Siapa yang bisa menurunkan egonya, dialah yang menang.

4. Selalu Bersyukur

Sing wis lunga lalekno, sing durung teko entenono, sing wis ono syukurono.

Petuah wong Jowo yang nyeleneh memang memiliki daya magis yang bisa memicu tawa. Apalagi yang menggunakan istilah-istilah yang unik dan khas kedaerahan.

Tulisan di atas memang sederhana, tapi justru ini yang sering dilalaikan orang-orang. Kamu bisa gunakan tulisan ini sebagai gambar lucu bahasa Jawa untuk dipasang di media sosial.

5. Petunjuk

Gusti Allah paring pitedah bisa liwat bungah, bisa liwat susah.

Dakwah tidak melulu berisi hal-hal yang kaku. Contohnya adalah cara Wali Songo menyebarkan Islam di nusantara. Mereka menggunakan kearifan lokal untuk mengajarkan falsafah kehidupan yang agamis.

Demikianlah yang kemudian ditirukan orang-orang daerah. Mereka menggunakan bahasa-bahasa daerah dengan pemilihan kata yang apik.

Kumpulan Foto Foto Lucu Pengusir Suntuk

Pepatah Orang Jawa yang Kocak tapi Bermakna

Kata Mutiara Bahasa Jawa Lucu dan Sarat MaknaKata Mutiara Bahasa Jawa Lucu dan Sarat Makna

1. Rendah Hati

Ojo rumangsa iso, nanging kudu iso rumangsa.

Permainan membolak-balikan kalimat memang akan enak didengar. Meski hanya dibalik saja, maknanya akan jauh berbeda.

Lihat saja kutipan di atas. Kira-kira artinya adalah jangan merasa bisa, tapi bisalah merasa.

2. Pelesetan Peribahasa

Becik ketitik ala rupamu.

Becik ketitik ala ketara adalah peribahasa yang berarti kebaikan hanya terlihat sedikit ketimbang keburukan yang akan sangat kelihatan. Akan jadi lelucon yang gokil ketika memelesetkannya menjadi becik ketitik ala rupamu. Kira-kira artinya adalah kebaikan hanya terlihat sedikit tapi keburukan adalah mukamu.

Memainkan pelesetan dari ungkapan-ungkapan terkenal memang mengasyikan. Apalagi jika pelesetan itu untuk mengejek teman dalam konteks bercanda. Kamu bisa jadikan ini sebagai status FB bahasa Jawa ngakak.

3. Menuai Hasil

Sing nandhur, bakale ngunduh.

Kamu pasti jengkel dengan temanmu yang hanya mau enaknya saja. Ikut menuai hasil tanpa mau terlibat dalam proses.

Lebih baik pertanyakan lagi dalam dirimu apakah itu benar teman sejatimu atau bukan. Kamu bisa sindir dia dengan nasihat ini supaya ia sadar.

4. Tokoh Utama

Lakon rabi keri.

Apakah kamu pernah mendengar ungkapan lakon menang keri? Ungkapan bahasa Jawa tersebut kiranya memiliki arti bahwa sang tokoh utama akan menang di babak akhir.

Kata mutiara bahasa Jawa lucu tersebut masih bisa dimodifikasi lagi menjadi beberapa varian. Salah satunya adalah mengganti kata menang dengan rabi atau menikah. Jadi tokoh utama akan menikah terakhir setelah teman-temannya menikah duluan.

Ya, mungkin sedikit menyedihkan. Namun, lumayanlah untuk sekadar bercanda dan tersenyum dalam rangka menyembunyikan kegalauan.

5. Lambat Asal Selamat

Alon-alon waton kelakon.

Ada orang yang sukanya terburu-buru dalam menyelesaikan pekerjaan agar cepat selesai. Biasanya hal itu dilakukan supaya bisa punya lebih banyak sisa waktu luang untuk melakukan hal-hal kesukaan.

Cepat dan tepat dalam mengerjakan segala persoalan memang baik. Namun, itu bukan suatu keharusan karena kemampuan setiap individu itu berbeda. Maka muncul istilah alon-alon waton kelakon atau pelan-pelan asal terselesaikan.

Mencari Hiburan dari Video Lucu Bikin Ngakak

Kalimat Bijak Bahasa Jawa lucu yang Menghibur dan Menginspirasi

Kata Mutiara Bahasa Jawa Lucu dan Sarat MaknaKata Mutiara Bahasa Jawa Lucu dan Sarat Makna

1. Nasi Kucing

Aku tanpamu bagaikan sego kucing ilang karete. Ambyar.

Bagi kamu para pejuang cinta, kiranya kata-kata lucu bahasa Jawa yang sedikit kasar ini sangat bermakna. Terutama jika hendak mengungkapkan perasaan mendalam melalui kata-kata yang indah.

Pengibaratan manusia menjadi nasi kucing memang konyol dan absurd. Namun, dengan sedikit sentuhan keromantisan ala wong ndeso, bisa memunculkan kalimat yang punya daya magis. Lucu sekaligus romantis.

2. Hak dan Kewajiban

Ngapusi kui hakmu. Kewajibanku mung etok-etok ora ngerti yen mbok apusi.

Ngapusi adalah istilah bahasa Jawa yang memiliki arti menipu atau berbohong. Ya, setiap orang sangat mungkin untuk berbohong. Kiranya berbohong adalah hak setiap orang karena mau dilarang juga tak akan ada yang tahu ia berbohong atau tidak.

Jadi, kata-kata mutiara di atas ada benarnya juga.  Namun, terkadang kebohongan menampilkan tanda-tanda tertentu. Kamu tak perlu buru-buru menghakimi orang yang sedang menipumu. Coba sindir dia dulu.

3. Merdeka

Merdeka iku yen Soekarno mbe Hatta baris rapi ning njero dompet. Yen sing baris Pattimura, berarti isih perjuangan.

Ada yang bilang bahwa uang bukanlah segala-galanya. Kebahagiaan sejati bukan berasal dari seberapa banyak harta yang berupa materi itu.

Tak bisa dipungkiri juga, yang namanya bokek atau sedang tak punya uang itu memang menyengsarakan. Bayangkan ketika kamu membuka dompetmu, isinya hanya barisan lembaran bergambar Pattimura atau uang seribuan saja. Pasti menyedihkan dan terpaksa kamu mesti berpuasa.

4. Dosa

Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit.

Orang Indonesia, memang suka pelesetan. Setiap daerah kiranya punya pelesetan atau istilah-istilah lucu sesuai bahasa daerahnya masing-masing.

Salah satu istilah pelesetan lucu dalam bahasa Jawa bisa dilihat pada kutipan di atas. Kamu bisa gunakan itu juga untuk bermain tebak-tebakkan dengan temanmu.

5. Sesekali Minum Teh

Ojo mung ngopi, sekali sekali ngeteh ben ngerti yen urip iku ora mung pait, tapi sepet mbarang.

Kamu perlu sadari bahwa hidup itu terlalu singkat jika hanya dihabiskan untuk meratapi kesedihan. Bangkitlah dengan membawa kata mutiara bahasa Jawa lucu ini, bahwa hidup itu hanya mampir minum kopi. Namun, sebaiknya jangan hanya minum kopi saja, melainkan minum juga teh juga.

Dengan begitu, tidak hanya pahit hidup, tapi kamu juga akan merasakan sepatnya hidup. Kamu mesti sodorkan pernyataan ini pada temanmu yang sedang bersedih agar ia juga bangkit.

Ciri Ciri Hewan Panda dan Fakta Menariknya yang Perlu Kamu Ketahui

Kata Mutiara Bahasa Jawa Lucu Sebagai Inspirasi Hidup

Demikianlah beberapa kata mutiara bahasa Jawa lucu yang bisa dijadikan motivasi hidup. Semoga bisa menginspirasi dan membuat hari-harimu penuh tawa gembira.

Jika belum cukup puas, kamu bisa simak artikel lucu lain yang ada di sini. Ada banyak konten yang menginspirasi dan bisa mewarnai hari-hari.