Semuel Takatelide Ungkap Awal Mula Terciptanya Lagu Terpesona yang Mendadak Viral

Semuel Takatelide Ungkap Awal Mula Terciptanya Lagu Terpesona yang Mendadak Viral

Terbaiknews - JAKARTAKOMPAS.com -Semuel Takatelidepencipta lagu "Terpesona" yang kini tengah viral di berbagai...

JAKARTA, KOMPAS.com -Semuel Takatelide, pencipta lagu "Terpesona" yang kini tengah viral di berbagai platform media sosial menceritakan asal muasal tembang tersebut.

Semuel berujar, ia mulai menciptakan "Terpesona" sekitar 1995 atau 1996 untuk keperluan kompetisi lomba berbalas pantun menggunakan syair lagu.

"Kalau di Sangihe Talaud itu, ada Masamper kan, ada budaya Masamper. Nah, budaya Masamper itu dia saling berbalas pantun dalam syair lagu," ungkap Semuel saat dihubungi Kompas.con melalui sambung telepon, Sabtu (6/2/2021).

Viral, Ini Lirik dan Chord Lagu Terpesona Yel-yel TNI

Semuel mengungkapkan, lagu "Terpesona" menceritakan tentang kekaguman istrinya, Miskewati Mare, di dalam sebuah mimpi.

Kendati demikian, keterpesonaan Semuel di dalam mimpi dari lagunya itu memiliki alasan tersendiri.

"Dalam lomba itu, itukan berbalas pantun. Kebetulan yang dinilai itu faktor kesulitan membalas lagu. Kalau saya bikin lagu terpesona dengan dunia nyata, mungkin mereka gampang balas lagu-nya. Jadi makanya saya bikin lagu itu terciptanya terpesona dalam mimpi. Jadi itu sulit mau dibalas itu," ujar Semuel.

Lagu “Terpesona” Viral di Medsos, Penciptanya Dapat Banyak Tawaran Kerja Sama

Pria asal Manado, Sulawesi Utara itu mengatakan, lagu "Terpesona" bukan hanya sekali diikutsertakan ke dalam lomba, tetapi sudah banyak meraih kemenangan.

Hingga akhirnya, kata Semuel, lagu "Terpesona" itu populer di masyarakat Sulawesi Utara pada 1998. Oleh karena itu, ia memasuki dapur rekaman untuk merilisnya di tahun yang sama.

"Itu lagu terpesona itu Tahun 1998 saya rilis dapur rekaman. Masih pakai pita reel, belum CD. Masih kaset pita. Terus, kebetulan lagu itu meledak juga tahun 1998, itu di Sulawesi Utara meledak lagu itu," kata Semuel.

Lagu Terpesona yang Jadi Yel TNI-Polri Ternyata Diciptakan 25 Tahun yang Lalu, Ini Ceritanya

Beberapa tahun berselang tepatnya 2007, Semuel diminta untuk melatih Masamper oleh Komando Resor Militer 131/Santiago Sulawesi Utara dalam rangka peresmian rumah sakit Robert Wolter Monginsidi.

Berita dengan kategori