Persahabatan Syd Barrett dan Roger Waters hingga Terciptanya Lagu "Wish You Were Here"

Persahabatan Syd Barrett dan Roger Waters hingga Terciptanya Lagu "Wish You Were Here"

Terbaiknews - Manusia adalah makhluk sosial yang artinya dalam menjalani kehidupannya bersosialisasi dengan...

Manusia adalah makhluk sosial yang artinya dalam menjalani kehiduPANnya bersosialisasi dengan manusia yang lain. ManuSia tidak bisa hidup sendiri kalaupun bisa paling hanya di film Lonewolf McQuade yang diperankan oleh Chuck Norris. Di film tersebut ia menuntaskan segala permasalahan dengan seorang diri meskipun diserang banyak orang dan bisa menang. Ga masuk akal kan bisa menang dengan banyak orang dengan seorang diri?Â

Begitu juga dengan manusia tidak akan masuk akal kalau hidup tanpa membutuhkan manusia yang lain. Sedari kecil hingga dewasa setiap manusia memiliki teman lalu menjalin persahabatan hingga tua (kalau masih sepemikiran) dan pasti memiliki satu tujuan yang sama.

Seperti dua sahabat dari Inggris yaitu Syd Barrett dan Roger Waters yang sudah berteman sejak kecil hingga mereka bersama-sama membuat band Pink Floyd. Mendengar nama Pink Floyd pasti langsung teringat David Gilmour. NaMUn siapakah Syd Barrett ini? Dan bagaimana persahabatan antara Syd dan Roger ?

Syd Barret yang memiliki nama asli Roger Keith Barrett lahir di Cambridge, Inggris pada tanggal 6 Januari 1946 dari keluarga kelas menengah di Inggris. Syd adalah anak ke 4 dari 5 bersaudara.

Sejak kecil ia sudah belajar memainkan piano namun ia lebih tertarik untuk menulis dan menggambar. Syd baru mendapatkan feel bermusiknya ketika diumur 14 saat mendapatkan gitar listrik pertamanya.Â

Pertemuan Syd Barrett dan Roger Waters dimulai ketika keluarga Roger Waters pindah ke Cambridge setelah ayah Waters tewas di medan perang di tahun 1944. Waters yang umurnya lebih tua sekitar 2 tahun 4 bulan dari Barrett ini sudah menjadi tetangga ketika Barret belum lahir. ÂIbunya Waters adalah seorang guru SD yang sempat mengajar di Âkelasnya Syd Barrett.

Barett tidak mengetahui kalau gurunya adalah ibu dari Roger Waters dan ternyata mereka tetanggaan. Waters mulai mengenal Barrett begitu juga sebaliknya. Tak jauh dari tempat mereka tinggal ada seorang anak laki-laki yang menyukai musik juga yaitu David Gilmour. Tetapi Gilmour tidak terlalu dekat dengan Waters dan Barrett.Â

Ketika Barret berumur 14 tahun ia suka memakai topi pet dan teman-temannya memanggil Barret dengan panggilan "Syd" (panggilan orang kelas pekerja di Inggris) karena sering memakai topi pet yang identik dipakai oleh loper koran, buruh, dan kelas pekerja di Inggris dan Amerika Serikat.

Berawal dari situ ia mulai mengubah nama panggilan sekaligus nama kerennya menjadi Syd Barrett.Â

11 Desember tahun 1961 ayahnya Barrett meninggal dunia. Barrett di tinggal ayahnya ketika ia belum genap berumur 16 tahun. Barrett pun sedih dan meluapkan isi hatinya ke dalam tulisan-tulisan.

Barrett bersama ibunya dan saudara-saudaranya pindah rumah dan rumahnya disewakan. Ibunya mengetahui Barrett suka bermusik dan ia memperbolehkan Barrett mengadakan konser-konseran di teras rumah yang baru bersama teman-temannya.

VIDEO PILIHAN
Source : https://www.kompasiana.com/bayusarden/5e1c436f097f3650a32a3714/persahabatan-roger-waters-dan-syd-barrett-hingga-tercipta-nya-lagu-wish-you-were-here