Mantan Penggemar BTS (Ex-Army)

Mantan Penggemar BTS (Ex-Army)

Terbaiknews - Sebagai mantan penggemar BTS ( ex-ARMY) mengapa anda meninggalkan fandom?Oleh: Andini MaharaniAwal...

Sebagai mantan penggemar BTS ( ex-ARMY) , mengapa anda meninggalkan fandom?
Oleh: Andini Maharani
Awal mulanya seperti ini : Mengapa banyak fandom lain mengatakan ARMY (fans BTS) toksik?


Mengapa banyak fandom lain mengatakan ARMY (fans BTS) toksik?
ÂYa karena memang seperti itu. Saya seorang ARMY. Saya ikut menemani BTS saat mereka masih benar-benar dibawah. Ketika mereka dikatakan hal-hal buruk, saya ikut merasakan rasa sedih dan jengkel.

ÂSiapa mereka yang sok ngatain BTS?

Tidak ada api tanpa asap.

Aduh betul sekali. Tanpa asap yang duluan muncul, pasti tidak akan ada api kan?
Tapi apa pernah, kita cari tahu akar asapnya muncul darimana? Atau kapan asal muasal api yang besar ini?
Mari kita tengok beberapa tahun terakhir. Mungkin sekitar tahun 2013â&;&;2014.
Mereka menertawakan nama Bangtan Seonyondan yang artinya sendiri Pasukan Anti Peluru. Fans-fans dari grup lain terus mengejek nama tersebut, katanya terlalu norak untuk grup yang paling-paling hanya bertahan 2 tahun. Saat itu ARMY membela grup kesayangan mereka. Tapi jumlahnya masih sangat kecil. Sedangkan yang mereka lawan adalah gabungan fans beberapa grup. Dari sini kita bisa tau, bahkan baru debutpun BTS langsung mendapat komentar yang tidak pantas. Apa salah ARMY yang membela BTS? Jadi siapa yang mulai duluan?


BTS itu versi murahan dan palsu dari BIGBANG, jadi tidak usah repot-repot buat menyamakan diri dengan mereka. Sebenarnya saya sedih sekali membaca ini. Hanya karena lagu debut BTS beda dari kebanyakan grup, mereka malah menyamakan BTS dengan BIGBANG yang memiliki aliran musik yang berbeda juga dari kebanyakan grup. Apalagi yang harus dilakukan ARMY yang jumlahnya kecil itu selain membela mati-matian grup kesayangan mereka? Memangnya BTS salah kalau mereka debut dengan konsep berbeda?


Member BTS itu jelek. Mereka tidak cocok jadi idol. Hanya karena mereka tidak sama dengan standar kecantikan orang Korea, apa pantas para fans dari grup lain menjatuhkan grup yang baru saja debut? Dibanding memperhatikan idolnya, para haters kayaknya lebih suka menjatuhkan grup lain.
ÂÂ

Itu yang mereka sebut grup Hip Hop? Rapnya saja hancur. Mereka benar-benar menjatuhkan RM secara mental. Ada sebuah acara yang RM benar-benar membaca komentar jahat yang ditujukan kedirinya. Banyak ARMY yang menangis menonton itu. ARMY tidak bisa melakukan apa-apa untuk menolong BTS. Yang bisa mereka lakukan hanyalah terus mendukung BTS sampai kapanpun.


Ini adalah asap yang telah dibuat oleh fans-fans grup lain. Setelah BTS berkembang sepesat ini, ARMY yang membela BTS malah disebut sebagai pencari masalah. Fandom toxic, katanya. Mereka tidak sadar, siapa yang sebenarnya lebih dulu toxic disini. ARMY tidak pernah menjatuhkan grup lain jika tidak ada yang memulai. Ketika ada seseorang yang berkomentar jahat tentang BTS, ARMY yang jumlahnya telah jutaan orang beramai-ramai membela dan saat itu ARMY akan disebut sebagai fandom toxic yang taunya hanya menyerang fandom lain.
Tapi saya juga tidak akan tutup mata dengan orang-orang yang menjadi ARMY baru yang pikirannya belum dewasa. Mereka kadang hanya menyalakan api tapi langsung menghilang setelah api menjadi sangat besar. Karena mereka juga, ARMY selalu dikaitkan dengan pencari masalah, fandom toxic dan lainnya.
Kalau saya pribadi, saya adalah pemain tenang. Saya berusaha tidak ikut campur saat ada war antar fandom. Tapi tentu saja saya mengikuti perkembangan war tersebut. Jika ada sesuatu yang benar-benar mengusik ketenangan saya sebagai ARMY, saya tidak segan untuk membela BTS sampai kapanpun.
Mengapa fans BTS selalu menyerang fandom lain?

Mengapa fans BTS (ARMY) terlalu banyak yang berlebihan dalam mengidolakan idola mereka sehingga sering menyerang fans lain atau yang tidak suka KPOP sama sekali?
Pernahkah anggota BTS mengedukasi penggemarnya supaya jangan terlalu barbar, terlebih terhadap publik figur yang lain?
Baiklah, kita bahas kebarbaran ARMY (penggemar BTS) ini dulu ya.. Barbar gimana sih maksudnya?
Seperti ini? Barbar sama Beyonce?
Eh tapi kok BeyHive respect banget sama ARMY ya? Atau barbar sama Ariana Grande?


Eh kok malah ternyata ARMY dan Arianators punya fandom namanya armynators?
Atau barbar sama Halsey? Barbar sama MAX, John Cena, Nicki Minaj, Becky G. dan lain-lain?
ARMY mencintai mereka. ARMY sangat menghargai dan menjunjung artis-artis yang menghargai BTS, dan memperlakukan BTS dengan sangat baik.

VIDEO PILIHAN

Berita dengan kategori