Dari Kempoters Jadi Sobat Ambyar, Cerita Klub Fan Didi Kempot

Dari Kempoters Jadi Sobat Ambyar, Cerita Klub Fan Didi Kempot

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- Karya terakhirÂDidi Kempot yang dikemas dalam versi film berjudul...

Jakarta, CNN Indonesia --

Karya terakhirÂDidi Kempot yang dikemas dalam versi film berjudul Sobat Ambyar kini telah hadir di saluran berbayar Netflix. Film ini didedikasikan untuk para Sobat Ambyar yakni sad boys dan sad girls sebutan penggemar lagu-lagu Didi Kempot.

Sebutan Sobat Ambyar berawal dari seorang penggemar lagu Didi Kempot bernama Jarkiyo. Sebelum kreasi anak muda tersebut, dahulu penggemar Didi Kempot disebut dengan Kempoters.

Pemuda asal Solo, Jawa Tengah ini membentuk komunitas bernama Rumah Blogger Indonesia (RBI). Komunitas ini adalah wadah bagi penggemar penyanyi Didi Kempot.


RBI dan pemuda-pemudi di Solo yang menggemari karya-karya Maestro dangdut campursari. Didi Kempot kemudian menyatakan dirinya sebagai Sad Boys dan Sad Girls Club.

Jarkiyo dan RBI menyebarluaskannya melalui media sosial Twitter dengan nama akun @solosadboisclub.

Selain membuat sebutan sadboys dan sadgirls, komunitas ini bahkan memberi julukan The Godfather of Broken Heart untuk Didi Kempot.

Tak hanya terkenal di kalangan warga Solo dan sekitarnya, istilah Sobat Ambyar semakin viral hingga ke seluruh pelosok Indonesia berkat unggahan YouTube Gofar Hilman. Unggahan itu menampilkan aksi panggung Didi Kempot membawakan lagu-lagu yang sebagian besar mengisahkan tentang kesedihan dan patah hati.

Dari Kempoters Jadi Sobat Ambyar, Cerita Klub Fan Didi KempotFilm Sobat Ambyar. (dok. Netflix)

Di setiap penampilan Didi Kempot, barisan sad boys dan sad girls selalu ikut menyanyi dengan penuh emosional. Didi Kempot pun selalu mengingatkan para penggemarnya untuk tidak larut dalam kesedihan.

"Senajan Patah Hati, Sing Penting Dijogeti," teriak Didi Kempot untuk para penggemarnya.

Meski berbeda generasi, para Sobat Ambyar yang kebanyakan berusia muda sangat hafal dengan lagu-lagu Didi Kempot.

Mereka juga ikut bersedih saat Didi Kempot meninggal dunia pada Selasa 5 Mei 2020 di Rumah sakit Kasih Ibu, Solo Jawa Tengah.

Kesedihan ini rupanya menginspirasi Bagus Bramanti dan Charles Gozali untuk membuat film tentang lagu-lagu Didi Kempot yang telah menjadi obat patah hati barisan Sobat Ambyar.

Film yang dibintangi Bhisma Mulia dan Denira Wiraguna ini tak hanya menampilkan cerita tentang patah hati anak muda, tapi juga menampilkan karya Didi Kempot.

Dalam jumpa pers virtual pada Selasa (12/1), Charles dan Bagus mendedikasikan film Sobat Ambyar sebagai obat penawar rindu sosok dDdi Kempot yang kini telah tiada dan menikmati kembali karya beliau dalam versi lain.

Film ini telah tayang di layanan steraming Netflix dan turut menampilkan Didi Kempot yang merangkap sebagai aktor sekaligus produser eksekutif.

(nly/bac)
[Gambas:Video CNN]
Dari Kempoters Jadi Sobat Ambyar, Cerita Klub Fan Didi Kempot Sobat Ambyar penggemar berat lagu-lagu Didi Kempot. (Detikcom/Ardian Fanani)