Ampun Bang Jago, Pernah Diremehkan Kini Tenar Hingga Myanmar

Ampun Bang Jago, Pernah Diremehkan Kini Tenar Hingga Myanmar

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- Alunan musik yang ringan dengan tempo cepat membuat laguÂAmpun Bang...

Jakarta, CNN Indonesia --

Alunan musik yang ringan dengan tempo cepat membuat laguÂAmpun Bang Jago mudah diterima oleh masyarakat luas. Apalagi kalangan anak-anak muda yang gemar bermain TikTok, amat menggandrunginya.

Adalah Jonathan Dorongpangalo (Tian Storm) dan Everly Salikara (Everslkr) menjadi sosok kunci dibalik lagu fenomenal tersebut. Melansir dari detik.com, Ampun Bang Jago merupakan jargon yang dibuat untuk menjawab keresahan mereka.

"Yang viral-nya itu cuma gimmick-nya doang ya Ampun Bang Jago, tapi materi utamanya itu ngebahas soal orang-orang yang sering ngerendahin kita," ujar Tian Storm dalam d'Happening detikcom (22/10).


Dua musisi asal Bitung, Sulawesi Utara itu mengaku kerap dicibir oleh berbagai pihak. Sebut saja sesama musisi hingga kalangan warganet yang menilai karya mereka norak dan kampungan.

"Banyak sih, di kalangan musisi kan biasanya mereka sering nge-diss sesama musisi. Ada sifat kompetitifnya," imbuh Tian Storm.

Alih-alih terganggu dengan cibiran tersebut, mereka justru mengubahnya menjadi sebuah lagu.

"Jadi kami ekspresikan lewat karya saja," timpal Everslkr.

Tian Storm dan Ever Slkr kemudian mengemas jargon Ampun Bang Jago dengan iringan musik EDM. Lagu-lagu itu bahkan menjadi lagu wajib di komunitas Disko Tanah yang terkenal di kampung halaman mereka.

Komunitas ini terkenal kerap memutar musik yang cadas dan berdentam untuk dibawakan dalam acara-acara warga.

"Itu kegiatan masyarakat, jadi daripada pesta atau hajatan gitu mereka ngumpulin sound system tuh, selesai acara mereka pesta, putar lagu," tutur Tian Storm.

"Semua berjoget di situ beda misalnya orang ke klub yang 18 plus atau orang kaya, kalau di situ ada anak kecil, orang tua, makanya disebut disko tanah," tambahnya.

Tidak hanya terkenal di kampung halamannya, lagu Ampun Bang jago kemudian ramai di media sosial TikTok. Kesuksesan itu pun membuka kesempatan Tian Storm dan Ever Slkr untuk bergabung dengan perusahaan lagu ternama pada 2017.

Ampun Bang Jago bukanlah satu-satunya lagu mereka yang viral. Sebelumnya juga ada Anjing Kacili yang terkenal dengan nada yang dilafalkan 'tetew'. Lagu itu sering pula digunakan oleh para pengguna TikTok.

Kini sudah ada 60 lagu yang mereka ciptakan. Lagu-lagu tersebut dikemas dalam 5 album. Tian Storm dan Ever Slkr membagikan lagu-lagu tersebut di media sosial salah satunya YouTube sehingga dapat dinikmati masyarakat luas.

"Jadi kita bikin lagu, kita share link ke orang biar mereka bisa donlot, kita ada yang muter di jahatan kita udah seneng," kata Tian Storm.

Tian Storm dan Ever Slkr berharap lagu-lagu mereka dapat lebih terkenal tidak hanya hanya di Indonesia tapi juga sampai di kancah Internasional.

Belakangan, Ampun Bang Jago kembali jadi perbincangan hangat gara-gara lagu itu dipakai untuk latar lagu senam aerobik ketika suasana kudeta militer Myanmar.

Sebuah video menampilkan seorang perempuan tengah melakukan senam aerobik di Myanmar mendadak viral di media sosial. Video tersebut tayang perdana pada Senin 1 Februari atau saat kudeta militer sedang terjadi di Myanmar.

Sampai dengan Selasa (2/2) pagi, video tersebut sudah dicuitkan sebanyak 5.864 kali.

Video yang berdurasi 1,49 menit menunjukkan latar belakang jalan utama menuju gedung parlemen di Naypyidaw, Myanmar.

(nly/bac)
[Gambas:Video CNN]
Ampun Bang Jago, Pernah Diremehkan Kini Tenar Hingga Myanmar Ilustrasi piringan hitam. (Egle_pe/Pixabay)