Tragis, 8 Kisah Paling Menyedihkan di Mitologi Yunani

Tragis, 8 Kisah Paling Menyedihkan di Mitologi Yunani

Terbaiknews - Terkenal diadaptasi ke dalam buku novel dan filmMitologi Yunani adalah kisah dari peradaban Yunani...

Terkenal diadaptasi ke dalam buku novel dan film, Mitologi Yunani adalah kisah dari peradaban Yunani Kuno yang hingga sekarang masih memesona pembaca atau pendengarnya. Apalagi kalau bukan drama yang melibatkan manusia dan para dewa serta dewi Olympus.

Tidak jarang Mitologi Yunani menceritakan kisah yang memilukan hati, dari kematian Icarus akibat keteledorannya hingga kisah Hercules dan kegilaannya sampai membunuh keluarga kecilnya sendiri. Inilah 8 kisah tragedi yang menyayat hati dari Mitologi Yunani.

1. Icarus dan Daedalus

Tragis, 8 Kisah Paling Menyedihkan di Mitologi YunaniDaedalus menyaksikan anaknya, Icarus, jatuh, Jacob Peter Gowy. commons.wikimedia.org

Raja Minos dari Kreta menugaskan Daedalus, seorang arsitek ulung dari kota Athena, untuk membangun labirin yang mengurung Minotaur. Akan tetapi, karena dianggap membantu Theseus, Raja Athena sekaligus musuh Raja Minos, membunuh Minotaur, maka Daedalus dan anaknya, Icarus, dipenjara dalam labirin buatannya sendiri.

Mengamati burung-burung di luar jendela mereka, Daedalus terinspirasi membuat sayap untuk dirinya dan putranya menggunakan bulu burung dan lilin. Terbang bebas dari labirin tersebut, Daedalus memperingatkan Icarus jangan terbang terlalu tinggi atau terlalu dekat dengan laut, dan untuk selalu mengikuti arah Daedalus.

Karena senang bisa terbang, Icarus mengabaikan perintah ayahnya dan terbang lebih tinggi. Karena terlalu dekat dengan Matahari, sayap Icarus meleleh, sehingga ia pun jatuh dan mati karena tenggelam di laut. Oleh karena itu, Daedalus menamai pulau dekat lokasi kematian anaknya "Icaria".

2. Orpheus dan Eurydice

Tragis, 8 Kisah Paling Menyedihkan di Mitologi YunaniOrpheus membawa Eurydice keluar dari Dunia Bawah, Peter Paul Rubens. historytoday.com

Dalam mitos Yunani, Orpheus dikenal sebagai penyanyi, penyair, dan nabi hebat. Saking hebatnya, ia bisa memikat semua makhluk hidup dengan musiknya. Namun, kisahnya dan istrinya, Eurydice, adalah yang paling diingat hingga sekarang.

Saat itu, Eurydice terpagut ular berbisa dan mati ke Dunia Bawah kekuasaan Hades. Melihat jasad istrinya, Orpheus menggubah lagu yang begitu sedih, hingga membuat para dewa dan dewi Olympus meratap. Atas saran mereka, Orpheus bergegas ke Alam Bawah untuk menjemput istrinya kembali.

Sesampainya di hadapan Hades dan istrinya, Persephone, Orpheus kembali memainkan lagu dan menyentuh sang Dewa dan Dewi Kematian. Persephone pun setuju Eurydice kembali dengan Orpheus dengan syarat mereka tak boleh menengok ke belakang hingga sampai ke Dunia Atas.

Orpheus dan Eurydice pun dengan hati-hati bergegas ke Dunia Atas. Sesampainya di Dunia Atas, Orpheus menengok ke belakang. Sayangnya, Eurydice tinggal selangkah lagi ke Dunia Atas. Batal, Eurydice pun menghilang dari pandangan Orpheus untuk selamanya.

3. Kisah hidup dan cinta Hephaestus

Tragis, 8 Kisah Paling Menyedihkan di Mitologi YunaniHephaestus. medium.com

Alkisah, istri Zeus, Hera, marah karena Zeus terlalu sering berselingkuh dengan manusia dan sedikit berhubungan dengannya. Oleh karena itu, Hera "membuat" bayinya sendiri. Tetapi, anak tersebut terlahir buruk rupa dan berkaki cacat. Merasa hina, Hera membuang anak tersebut dari Olympus.

Dibesarkan oleh para nymph, Hephaestus menjadi ahli menempa dan kerajinan tangan. Ingin balas dendam, Hephaestus mengirim sebuah takhta dengan pengekang yang tak kasat mata. Saat Hera duduk, ia tak bisa bangun! Berbagai dewa dan dewi membujuk Hephaestus untuk membebaskan Hera, dan apa katanya?

"Aku tidak beribu!"

Tragis, 8 Kisah Paling Menyedihkan di Mitologi YunaniHephaestus menjebak Ares dan Aphrodite. commons.wikimedia.org

Akhirnya, Dewa Panen dan Anggur Dionysus membujuk Hephaestus, membuatnya mabuk, sehingga ia setuju untuk datang. Sebelum membebaskan Hera, Hephaestus memiliki syarat: seorang istri. Dan bukan sembarangan, Hephaestus memilih dewi tercantik di Olympus, Aphrodite! Tak ada pilihan lain, Hera pun setuju dan mereka menikah.

Tidak bahagia, Aphrodite berselingkuh dengan Dewa Perang Ares. Hephaestus mengetahui hal ini dari Dewa Matahari Helios, dan merancang jebakan untuk Aphrodite dan Ares. Hephaestus lalu menyeret kedua pasangan gelap tersebut untuk dipermalukan di Olympus, lalu ia menceraikan Aphrodite.

4. Metis dan kisah lahirnya Athena

Tragis, 8 Kisah Paling Menyedihkan di Mitologi YunaniAthena keluar dari kepala Zeus, René-Antoine Houasse. greeklegendsandmyths.com

Salah satu faktor mengapa Zeus bisa mengalahkan Cronos adalah karena sepupunya, Metis. Ia memberikan ramuan yang membuat Cronos memuntahkan saudara dan saudari Zeus. Jadi, sebelum bertemu Hera, Zeus pun menikahi Metis.

Namun, seperti ayahnya Cronos, Zeus mengetahui sebuah ramalan bahwa putra Metis akan ditakdirkan untuk menjadi lebih besar dari ayahnya. Jadi, Zeus menipu Metis untuk berubah jadi lalat lalu menelannya! Yang tak Zeus ketahui, Metis sudah melahirkan, yaitu Athena.

Untuk memperlengkapi putrinya, Metis menempa baju zirah dan jubah untuk Athena. Hal tersebut membuat kepala Zeus sakit. Jadi, Hephaestus membantu Zeus dengan membuka tengkorak Zeus. Dari situ, keluarlah Athena yang sudah dewasa, lengkap dengan persenjataannya.

5. Zeus dan Semele, kelahiran Dionysus

Tragis, 8 Kisah Paling Menyedihkan di Mitologi YunaniSemele mati karena melihat rupa dewa Zeus, Peter Paul Rubens. commons.wikimedia.org

Seperti yang kita tahu, Zeus tidak puas dengan satu atau dua wanita Yunani. Saat Zeus melihat pendeta wanitanya, Semele, Raja Olympus pun jatuh cinta dan menjalin hubungan terlarang dengannya. Hera pun mengetahui hal tersebut dan marah! Tentu ia berusaha mencelakakan Semele.

Jadi, Hera menyamar menjadi seorang wanita tua dan berteman dengan Semele yang tengah hamil anak dari Zeus. Saat Semele mengaku bahwa ia tengah memacari Zeus, Hera menanamkan keraguan dalam hatinya, sehingga Semele tidak memercayai Zeus. Saat bertemu dengan Zeus, Semele pun sinis.

Bingung, Zeus bersumpah demi Sungai Styx untuk menyenangkan Semele. Ia pun meminta Zeus menunjukkan rupa dewanya! Tak ada seorang manusia pun bisa tahan saat melihat rupa dewa, jadi Zeus memohon agar Semele mengubah permintaannya. Semele kekeh dan Zeus pun sadar ia sudah bersumpah.

Terpaksa Zeus hanya menyingkapkan sedikit jati dirinya (tidak sepenuhnya jadi Dewa). Semele pun terbakar dan binasa! Untungnya, Zeus berhasil menyelamatkan janin Semele dengan menjahitnya ke pahanya. Janin tersebut tumbuh menjadi Dionysus.

6. Echo dan Narcissus

Tragis, 8 Kisah Paling Menyedihkan di Mitologi YunaniEcho, nymph yang dikutuk Hera, Talbot Hughes. greeklegendsandmyths.com

Selain manusia, Zeus pun suka bercinta dengan nymph di belakang Hera. Curiga, Hera pun ingin menjebak Zeus saat bercumbu dengan para nymph. Seorang nymph, Echo, tahu dan berusaha mengulur Hera. Marah, Hera pun mengutuk Echo dan ia hanya bisa mengulang kata-kata terakhir yang ia dengar.

Echo kemudian jatuh cinta pada Narcissus dan tentu saja, Narcissus hanya mencintai dirinya sendiri. Singkat cerita, Narcissus tenggelam karena jatuh cinta pada bayangannya di air.

"Oh, lelaki yang rupawan, aku mencintaimu dalam kesia-siaan. Selamat tinggal," seru Narcissus sebelum menceburkan diri ke air.

"Selamat tinggal," gema Echo.

Patah hati, Echo pun meratapi kematian pujaan hatinya, dan perlahan menghilang hingga hanya tinggal suaranya saja. Oleh karena itu, Echo/ἦχος berarti "Gema" atau "Suara".

7. Eos, Tithonus, dan keabadian

Tragis, 8 Kisah Paling Menyedihkan di Mitologi YunaniEos mengasihani Tithonus yang tua namun abadi. ancientgreecereloaded.com

Alkisah, Dewi Fajar Eos mencintai Pangeran Troya, Tithonus, dan menginginkannya sebagai suaminya. Saking cintanya ia pada Tithonus, Eos meminta pada Zeus untuk memberikan pada Tithonus keabadian. Zeus pun mengabulkan.

Sayangnya, Eos lupa satu hal: awet muda. Tithonus pun abadi dan tidak bisa mati. Akan tetapi, saat usianya bertambah tua, fisik Tithonus pun juga terus menua, tidak seperti dulu! Tidak tega melihat kekasihnya, Eos pun mengubah Tithonus menjadi seekor tonggeret. Setiap suara tonggeret adalah jeritan Tithonus untuk bisa segera mati saja.

8. Hercules dan Megara

Tragis, 8 Kisah Paling Menyedihkan di Mitologi YunaniHercules (tengah) membunuh anaknya sementara istrinya, Megara (kanan) memperhatikan. commons.wikimedia.org

Semua bermula dari hubungan terlarang Zeus dengan manusia Alcmene yang diketahui Hera. Zeus pun bersumpah bahwa anak pertama Alcmene (diharapkan Hercules) akan menjadi raja! Hera pun berusaha untuk memperlambat persalinan Alcmene, hingga Hercules lahir kedua. Sejak itu, Hera terus berusaha mengganggu Hercules.

Megara adalah putri dari Creon, Raja Thebes. Saat Hercules atau Heracles ikut membantu Raja Creon melindungi negerinya, ia pun memberikan Megara untuk dipersunting Hercules. Bersama, mereka bahagia dan beranak pinak.

Tidak ingin melihat Hercules bahagia, Hera mengganggu pikiran Hercules, membuatnya "gelap mata" lalu membunuh Megara dan anak-anak mereka! Setelah sadar, Hercules pun harus menebus dosanya dengan menjalankan 12 perintah mematikan dari saudara tirinya, Raja Eurystheus.

Itulah 8 kisah menyedihkan dan menyayat hati dari Mitologi Yunani. Setelah dibaca, menurutmu mana kisah yang paling tragis dan menyedihkan? Lalu, dari kisah-kisah ini, apa nilai moral yang kamu petik?