Sutradara Tegaskan Cuties Tak Mengeksploitasi Seksual Anak

Sutradara Tegaskan Cuties Tak Mengeksploitasi Seksual Anak

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- Sutradara sekaligus penulis naskah film CutiesMaimouna Doucoure...

Jakarta, CNN Indonesia --

Sutradara sekaligus penulis naskah film Cuties, Maimouna Doucoure menegaskan bahwa film yang ia garap tidak mengeksploitasi seksual anak seperti yang dinilai sejumlah pihak. Menurutnya film ini adalah komentar dari keadaan sosial saat ini demi perubahan yang lebih baik.

"Saya melihat begitu banyak hal dan begitu banyak masalah di sekitar saya yang dialami gadis-gadis muda," kata Doucoure saat menjadi panel Toronto International Film Festival.

"Oleh karena itu saya memutuskan untuk membuat film ini dan membunyikan alarm kemudian berkata "kita perlu melindungi anak-anak kita,"" dia melanjutkan.


Cuties mengisahkan pergulatan batin seorang gadis berusia 11 tahun bernama Amy. Ia baru saja tiba di kawasan kumuh Paris, Prancis, dari kampung halamannya di Senegal.

Sembari menunggu kedatangan ayahnya, ia mulai menyesuaikan diri dengan lingkungan baru namun tetap taat dan patuh akan agama Islam dan tradisi leluhurnya yang diajarkan turun-temurun di keluarga.

Dalam masa itu Amy justru mendapat banyak masalah. Mulai dari ayahnya menikah lagi, sampai ibunya stres khawatir akan disalahkan karena dianggap tak becus urus anak dan merasa gagal sebagai seorang istri juga ibu.

Di tengah kemelut dan kegamangan itu, Amy menemukan sekelompok grup tari sebaya yang tampak bebas dan lepas dalam menjalani hidup. Kelompok itu dihuni tetangganya, Angelica, ia pun tertarik untuk bergabung.

Sejak ditayangkan Netflix pada 9 September lalu, film ini menjadi satu kontroversi di Amerika Serikat. Netizen menilai film ini tidak layak tayang karena kuat unsur eksploitasi seksual anak secara tidak langsung pada beberapa adegan.

Sutradara Tegaskan Cuties Tak Mengeksploitasi Seksual AnakCuties mengisahkan pergulatan batin seorang gadis berusia 11 tahun bernama Amy. Ia baru saja tiba di kawasan kumuh Paris, Prancis, dari kampung halamannya di Senegal. (dok. Bien Ou Bien Productions/France 3 Cinéma/Netflix via IMDb)

Salah satu adegan yang paling dianggap tidak layak adalah ketika Cuties tampil pada sebuah acara. Mereka menari dengan pakaian ketat yang terbuka dan menampilkan koreografi eksotis, seperti twerking.

"Film ini sangat berani dan feminis, tetapi penting untuk diperdebatkan dan coba menemukan solusi. Bagi saya sebagai seniman, untuk politisi, dan orang tua. Ini masalah nyata," kata Doucoure, seperti dilansir The Hollywood Reporter.

KONTROVERSI FILM CUTIES
  • Sinopsis Film Cuties, Pencarian Jati Diri Jelang Puber
  • Senator AS Desak Penyelidikan Eksploitasi Anak di Film Cuties
  • Cuties dan Sederet Film soal Kontes Anak-anak

Doucoure sendiri membuat film ini setelah menyaksikan sebuah fenomena. Kemudian ia melakukan riset, bertemu dengan ratusan praremaja untuk mengetahui kisah mereka, pandangan soal feminitas dan bagaimana membentuk citra di media sosial.

Ia mengaku terkejut ketika mengetahui bahwa saat jumlah like dan follower di media sosial sangat penting bagi pra remaja.

Menurutnya gadis-gadis melihat bahwa semakin perempuan tampil seksual akan semakin sukses di media sosial, kemudian praremaja lain ikut tampil seksual agar ikut sukses tanpa memahami artinya.

Sementara itu, Senator dari Partai Republik, Ted Cruz meminta Kementerian Kehakiman Amerika Serikat untuk menyelidiki Cuties yang memicu kontroversi karena dianggap mengeksploitasi seksual anak.

"Menyusul promosi mengganggu Netflix untuk Cuties, saya mengirim surat untuk mendesak Kementerian Kehakiman menyelidiki apakah Netflix, para eksekutifnya, atau pembuat filmnya melanggar hukum federal terkait produksi dan distribusi pornografi anak," kata Cruz melalui Twitter, akhir pekan lalu.

[Gambas:Twitter]


Cruz mengunggah kopi surat yang ditujukan kepada Jaksa Agung Amerika Serikat, William P. Barr. Ia menilai beberapa adegan film ini berbahaya, terutama ketika sudah menjurus ke kekerasan seksual, ia khawatir adegan-adegan ini ditiru oleh pedofil.

(adp/end)
[Gambas:Video CNN]
Sutradara Tegaskan Cuties Tak Mengeksploitasi Seksual Anak Menurut sutradara sekaligus penulis naskah film Cuties, film ini adalah komentar dari keadaan sosial saat ini demi perubahan yang lebih baik. (dok. Bien Ou Bien Productions/France 3 Cinéma/Netflix via IMDb)