Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kos

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kos

Terbaiknews - Sepulang kerjakamu kembali ke kosan. Akhirnyakamu melewati satu hari lagi. Buka pintuhanya ada...

Sepulang kerja, kamu kembali ke kosan. Akhirnya, kamu melewati satu hari lagi. Buka pintu, hanya ada ranjang, lemari, dan keranjang sampah yang menumpuk.

"Duh... Kok sepi banget ya hidup?"

Kalau kamu baru di kantor atau di kosan, mungkin kamu merasa kesepian karena tidak ada teman mengobrol. Tak ada Wi-Fi, lebih sepi lagi karena tak bisastreaming lagu atau film dan seru. Jadi, kudu gimana?

Salah satu yang bisa kamu pertimbangkan adalah... memelihara hewan! Mengeluarkan kocek yang lumayan, anggap saja kamu memelihara kesehatan psikologismu, lho! Peliharaanmu jadimood booster baru dan kamu jadi memiliki "keluarga" sendiri yang siap menyambutmu dengan kelucuannya.

Tertarik untuk melihat hewan peliharaan yang cocok untukmu? Perhatikan lokasi kosan-mu, ya. Inilah 13 jenis hewan peliharaan yang lucu nan menggemaskan dan cocok untuk dipelihara anak kosan!

1. Ikan Hias

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kosaquadesignpt.com

Kamu sibuk seharian dan hanya menghabiskan waktu untuk tidur di kos? Masuk akal jika kamu tidak dapat memelihara hewan besar. Nah, kalau tertarik, kamu bisa coba memelihara ikan hias. Tinggal beli ikannya, letakkan di akuarium yang sudah kamu dandani jadi aquascape, selesai!

Ingat untuk selalu memantau kebersihan dan kualitas air aquascape agar ikan tetap sehat. Perpaduan ikan hias yang cantik dan aquascape yang syahdu bisa menjadi "obat stres" yang manjur. Kamu bisa memilih ikan hias yang menawan dan mudah dirawat seperti:

  • Tetra
  • Discus
  • Siam algae eater
  • Headstander
  • Livebearer
  • Dwarf Gourami
  • Guppy
  • Cherry barb
  • Tiger barb

Selain ikan hias seperti, kamu juga dapat memadukannya dengan udang air tawar dan udang bambu. Tidak menyerang ikan atau tanamanaquascape, kedua udang ini dapat membersihkan alga dan filter aquascape, sehingga lingkungannyatetap terjaga.

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak KosIlustrasi Ikan Cupang (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Membuataquascape terlalu repot dan memakan biaya belum lagi ditambah beli ikan hiasnya per ekor? Tidak apa-apa. Kamu bisa mempertimbangkan memelihara ikan cupang. Terdengar lucu? Ikan cupang lumayan populer untuk dijadikan ikan peliharaan!

Kelebihan ikan cupang adalah tidak membutuhkan akuarium besar (cukup toples saja!), pakannya cukup murah, dan mudah dirawat. Tetapi, karena sifatnya agresif dan mempertahankan wilayahnya, jangan tempatkan cupang dengan ikan lain, nanti berantem! Jadi, satu cupang untuk satu tempat.

2. Kura-kura

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kosarenahewan.com

Tidak makan tempat, kura-kura dapat kamu pelihara di kos-mu. Perawatan hewan reptil satu ini juga bisa dibilang mudah, tinggal ditempatkan di dalam akuarium yang terkena sinar matahari. Agar mirip dengan habitatnya, tambahkan sedikit air dan batu-batu.

Kamu dapat memberinya makan sebelum pergi beraktivitas dan pulang. Asal tidak kelupaan, kamu tidak perlu khawatir. Selain itu, kura-kura juga memiliki usia yang relatif panjang, jadi bukan hanya kamu dapat melihatnya tubuh besar, kura-kura juga dapat menemanimu untuk waktu yang amat lama!

3. Hamster

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kospixabay.com/nanasod-936233/

Hewan pengerat satu ini populer dijadikan peliharaan. Betul, hamster! Tingkah lucunya saat berlari, makan, tidur, atau berinteraksi dengan hamster lain bisa bikin lupa sama capek! Dengan ukuran kecil, bahkan lebih kecil dari marmut, hamster tidak akan mengganggumu atau makan tempat di kosan.

Selain itu, pakan hamster dan perawatannya bisa dibilang terjangkau, sehingga dompetmu tak akan "menangis". Tetapi, kamu harus selalu memantau hamster, karena hewan ini suka buang kotoran sembarangan dan baunya bisa bikin muntah. Jadi, jangan lupa bersihkan kandangnya secara rutin.

4. Marmut

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak KosUnsplash.com/bonniekdesign

Sedikit lebih besar dari hamster, marmut/marmot juga dapat kamu pertimbangkan sebagai hewan peliharaan di kos. Mudah dirawat, marmut juga menyukai makanan seperti sayur dan biji-bijian, sehingga kocek tidak kering.

Marmut tergolong hewan yang tidak aktif dan bisa saja tergolong malas karena kerjaannya hanya makan seharian dan sedikit bergerak. Meskipun tidak seaktif hamster, wajahnya yang lugu dan tingkahnya yang unyu membuatmu ingin memeluknya!

5. Landak mini/hedgehog

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kosen.japantravel.com

Sedang naik daun di kalangan pecinta hewan dan anak kos, landak mini atauhedgehog dapat kamu gendong di genggamanmu dan wajah serta tingkahnya pun amat menggemaskan. Takut tertusuk durinya seperti landak di alam liar? Landak mini tidak memiliki duri setajam itu, jadi aman untuk dielus!

Eksotis, landak mini dibanderol dengan harga yang lumayan menguras kocek. Tetapi, itu hanya maharnya saja! Biaya merawat dan makannya murah, kok. Anggap saja kamu investasi untuk kesehatan pikiranmu, ya

6. Sugar glider

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kospetcomments.com

Selain landak mini,sugar glider pun juga sedang populer di kalangan pencinta hewan. Sama-sama eksotis,sugar glider bisa membuatmu merogoh kocek lebih dalam. Lagi-lagi, itu hanya harga beli. Perawatan dan makannya cukup mudah dan tidak mahal!

Kecil hingga dapat kamu masukkan ke kantong, sugar glider yang imut cocok untuk kamu pelihara di kosan. Clingy dan akan selalu menempel denganmu, kamu dapat membawanya denganmu sebagai "teman" tanpa harus takut ia hilang. Bisa kamu pamerkan ke teman juga, lho!

Untuk makannya, kamu dapat memberinya pisang. Tidak repot, kan? Tetapi, siap-siap saja dengan keaktifannya saat malam. Sebagai hewan nokturnal, sugar glider memang anteng-anteng saja pas siang, dan baru aktif di malam hari. Jadi, jangan aneh kalau ia bergelantungan, melompat dari perabotan saat kamu tidur.

7. Kadal

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kosedboks.com

Terkejut? Sudah banyak kok yang memelihara berbagai jenis kadal! Memang, bagi beberapa orang, hewan reptil ini bikin geli dan takut. Tetapi, bagi beberapa orang lainnya, ada pesona tersendiri! Reptil kadal yang eksotis seperti iguana, bunglon, dan gecko pun kalau dilihat-lihat amat menggemaskan dan ternyata, jinak, kok!

Tetapi, kamu harus mengeluarkan dana lebih jika ingin membeli mereka. Selain itu, pemeliharaan dan pakannya pun agak susah. Eh, jangan khawatir,overall, kadal-kadal ini dapat membuatmu lupa dengan kepenatan hari.

8. Kelinci

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Koszoomingjapan.com

Siapa yang tidak gemas saat melihat kelinci? Matanya yang belo, mulutnya yang mungil, dan telinganya yang panjang membuatmu ingin mengelusnya setiap waktu! Sepupu dari hamster dan marmut ini memang berukuran seperti kucing.

Kelinci termasuk salah satu keluarga hewan pengerat, tapi ukurannya tergolong besar ketimbang marmut maupun hamster. Lincah dan cepat, kelinci terlihat aktif saat sedang makan saja, jadi tidak bikin kosan berantakan.

Tetapi, kamu mungkin harus ingat kalau kesehatan kelinci cukup rentan terkena penyakit, jadi hati-hati saat memberinya makan dan merawatnya. Karena kelinci juga suka buang air di kandang, perhatikan kebersihan kandangnya dan jangan lupa bersihkan secara rutin agar kosan-mu tetap bersih dan tidak berbau.

9. Burung

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kosunsplash.com/@jonah_jpg

Identik sebagai hewan peliharaan bapak-bapak, memelihara burung juga dapat dijadikan opsi. Dengan kicauan merdu yang menyambutmu saat memulai hari, burung pun tidak akan mengganggu tetangga kos-mu. Beberapa jenis burung yang cocok kamu jadikan peliharaan adalah:

  • Cockatiel
  • Parkit
  • Kenari
  • Lovebird
  • Pacific Parrotlet

Jangan dianggap remeh! Butuh ketelitian saat merawat burung, dari pakan sampai membersihkan kandangnya. Tetapi, jika dirawat yang benar, kamu bahkan bisa menyertakan burung peliharaanmu ke perlombaan, lho. Tidak perlu khawatir, biaya perawatannya masih terjangkau untuk anak kos.

10. Ular

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak KosUlar peliharaan. reptile.guide

Takut digigit, dililit, atau dipatuk, banyak orang yang takut dengan ular, bahkan lebih daripada kadal. Tetapi, dari kalangan selebritas hingga masyarakat umum, ular adalah hewan peliharaan yang menggemaskan. Tentu, mereka memelihara ular besar nan eksotis yang tidak berbisa seperti piton dan boa kuning.

Hewan melata ini sebenarnya cocok saja dipelihara di kosan, tetapi jangan sampai keluar karena tetangga sampai pemilik kosan bisa takut! Belum lagi, kebanyakan kosan tidak mengizinkan ular sebagai hewan peliharaan. Selain itu, harga dan perawatannya juga tidak murah. Khusus opsi ini, kami sarankan pikir-pikir dulu.

11. Kucing

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak KosPixabay.com/TeamK

Salah satu hewan peliharaan paling populer, kucing dijadikan "sahabat" manusia di rumah hingga kosan. Dengan sifatnya yang manja, segala kepenatan bisa mencair seketika.

Perlu diingat, kucing termasuk makhluk nokturnal. Jadi, jangan aneh kalau dia berisik di tengah malam atau pagi-pagi buta. Meskipun tingkahnya yang usil bisa bikin capek sendiri, kucing aman dipelihara dan... siapa yang bisa menolak mukanya yang menggemaskan!? Kucing-kucing yang cocok kamu pelihara antara lain:

  • Kucing jalanan
  • Anggora
  • Sphinx
  • American shorthair
  • Persia
  • Siam
  • Scottish fold
  • Ragdoll

Dari memungut kucing di jalan secara gratis sampai membeli atau mengadopsi kucing ras yang harus mengeluarkan dana, pemeliharaan kucing bisa dibilang mudah. Meskipun begitu, tidak jarang kamu harus berkonsultasi ke dokter hewan terutama saat sakit.

12. Anjing

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Kospexels.com/ Chevanon Photography

Dijuluki "Sahabat Terbaik" manusia, anjing adalah hewan peliharaan yang juga sama atau lebih populer dibandingkan kucing. Setelah menghabiskan beberapa waktu, anjing pun akan akrab denganmu dan kamu pun bisa melihat bahwa ia adalah hewan yang setia.

Sama seperti kucing, anjing pun juga seolah-olah dapat merasakan kalau kamu sedangdown dan akan segera menghiburmu. Benar-benar obat stres yang ampuh. Dari memungutnya secara gratis di pinggir jalan hingga membeli atau mengadopsinya, jenis-jenis anjing lucu yang dapat kamu jadikan peliharaan antara lain:

  • Pomeranian/Mini Pom
  • Beagle
  • Shih Tzu
  • Golden retriever
  • Siberian husky
  • Pug

Kamu pun dapat berolahraga pagi atau petang sambil membawanya jalan-jalan bersama (sekalian dipamerkan!). Pakan dan perawatannya memang sedikit merepotkan, apalagi kalau sedang sakit. Jadi, pastikan kamu merawat anjingmu dengan baik, ya!

Tidak semua kosan mengizinkan anjing karena takut mengganggu penghuni kos lain. Pastikan kosan-mu mengizinkan sebelum memelihara.

13. Peliharaan virtual

Rekomendasi 13 Hewan Peliharaan Paling Pas untuk Anak Koshuffingtonpost.com

Tidak ingin mengeluarkan dana mahal-mahal? Atau, kamu alergi pada kotoran dan bulu hewan-hewan di atas? Opsi terakhir dari kami adalah kamu dapat memelihara hewan virtual!

Pertama, kamu dapat memainkanTamagotchi/ã&;&;ã&;¾ã&;&;ã&;£ã&;¡. Dirilis pada 1996 oleh Bandai, Tamagotchi dapat membuatmu merasa memiliki hewan peliharaan di dalam genggaman, dari memberinya makan sampai membersihkan kotorannya. Tidak perlu takut mati, kamu bisa me-resetTamagotchi dan memulai kehidupan yang baru!

https://www.youtube.com/embed/Yy9bDqwZ8iY

Susah menemukanTamagotchi? Sekarang, kamu bisa mengunduh aplikasi My Tamagotchi Forever di Play Store dari Bandai Namco Entertainment untuk Play Store untuk Android dan App Store untuk Apple.

Selain My Tamagotchi Forever, kamu dapat memainkan game-game simulasi di mana kamu dapat memelihara hewan. Game-game peliharaan rekomendasi kami adalah:

  • The Sims 4
  • The Sims 2: Pets
  • Neko Atsume
  • Pou
  • Talking Tom
https://www.youtube.com/embed/WcpH2_JWeG0

Memelihara hewan bisa menjadi "obat" agar kesehatan psikologismu tetap terjaga. Stres yang menumpuk dapat mengundang penyakit. Dengan merogoh kocek sedikit, anggap saja kamu juga sedang menjaga dirimu dari berbagai gangguan jiwa dan raga. Anggap saja, peliharaanmu sebagai keluarga!

Itulah beberapa hewan rekomendasi kami yang cocok kamu pelihara di kosan, dari yang fisik sampai yang virtual. Ingat, perhatikan aturan kos-kosanmu sebelum memutuskan memelihara hewan! Dari hewan-hewan ini, mana yang ingin kamu jadikan peliharaan? Atau, ada yang sudah kamu jadikan peliharaan? Boleh dong bagikan suka dan dukamu?