Pertama Kali dalam Sejarah, Golden Globes Nominasikan Tiga Sutradara Wanita

Pertama Kali dalam Sejarah, Golden Globes Nominasikan Tiga Sutradara Wanita

Terbaiknews - JAKARTAKOMPAS.com - Berkaca pemberitaan Natalie Portman pada 2018 lalu yang mengklaim minimnya...

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkaca pemberitaan Natalie Portman pada 2018 lalu yang mengklaim minimnya nominasi sutradara wanita, akhirnya hal tersebut menyentil beberapa pihak di ajang Golden Globes.

Mengingat saat itu di atas panggung ia menyindir mengenai nominasi sutaradara hanya untuk laki-laki.

“Ini adalah nominasi yang semuanya laki-laki,” ucap Portman.

MelansirVariety, Kamis (4/2/2021), untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama, Golden Globes memanfaatkan kelalaian itu.

Pandemi Corona, Nominasi Golden Globe Awards 2021 Didominasi Netflix

Setelah menerima masukan yang buruk, Asosiasi Pers Hollywood yakni badan pemungutan suara acara Golden Globes menominasikan tiga sutradara wanita yakni Chloe Zhao untuk film Nomadland, Emerald Fennell untuk film Promising Young Woman dan Regina King untuk film One Night in Miami.

Tiga sutradara wanita itu bakal bersaing dengan David Fincher untuk film Mank dan Aaron Sorkin untuk film The Trial of the Chicago 7.

Ini pun pertama kali dalam sejarah ada lebih dari satu wanita yang masuk dalam nominasi sutradara terbaik di Golden Globes.

Sebelumnya seorang wanita hanya dinominasikan tujuh kali sejak upacara pertama diadakan pada tahun 1944 yakni Barbra Streisand, Jane Campion, Sofia Coppola, Kathryn Bigelow dan Ava DuVernay.

Film Gundala Diulas di Situs Golden Globe Awards

Secara umum, acara tersebut tidak memiliki rekam jejak yang bagus untuk wanita yang bekerja di belakang kamera.

Sedangkan Academy Awards hanya menominasikan lima wanita dalam rentang 92 tahun yakni Lina Wertmüller, Jane Campion, Sofia Coppola, Kathryn Bigelow dan Greta Gerwig.

Di Hollywood, sutradara wanita masih sangat kurang terwakili. Wanita hanya menyumbang 16% dari sutradara yang mengerjakan 100 film.