Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik Rahwana

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik Rahwana

Terbaiknews - Siapa yang tidak kenal dengan kisah Hindu "Ramayana"? Di India,Ramayana adalah salah satu dari dua...

Siapa yang tidak kenal dengan kisah Hindu "Ramayana"? Di India,Ramayana adalah salah satu dari dua teks Hindu utama selainMahabharata.

Kisah Ramayana menceritakan seorang awatara Wisnu, Sri Rama, yang mengasingkan diri dari kerajaan Ayodhya dan perjuangannya bersama adiknya, Laksamana, dan Hanoman, menyelamatkan istrinya, Dewi Sita (Sanskerta: सà¥&;ता SÄ«tÄ&;, juga dieja Shinta), dari Rahwana di Alengka. Akhirnya, Sri Rama keluar sebagai pemenang dan kembali ke Ayodhya untuk memerintah bersama Sita.

Turun temurun, tokoh Rahwana kerap menjadi bahan kontroversi di dunia sastra. Memandang dari sisi lain, Rahwana memiliki kisah dan adab tersendiri yang ternyata... tidak sejahat yang dikira! Bahkan, meskipun terlihat jahat, tokoh yang diberi gelar "Dasamuka" atau "Muka Sepuluh" ini termasuk tokoh terpelajar!

Mengesampingkan kisahnya menculik Sita hingga membunuh Jatayu, inilah fakta-fakta menarik mengenai Raja Raksasa Dasamuka dari Alengka, Prabu Rahwana.

1. Rahwana dipuja baik di Sri Lanka dan India. Meskipun dipandang sebagai tokoh antagonis, di Sri Lanka, Rahwana dianggap sebagai seorang pemimpin yang bijaksana! Tetapi, ia tetap tidak dipuja layaknya dewa

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaPatung Rahwana. commons.wikimedia.org

2. Rahwana adalah putra dari resi Wisrawa dan asura (iblis) betina Kaikesi. Wisrawa sendiri adalah anak dari Pulastya, salah satu dari Prajapati atau sepuluh putra Dewa Brahma, sehingga menjadikan Rahwana "cicit" Brahma! Bahkan, Sri Rama memuji Rahwana sebagai "Mahabrahmana", karena ia harus melakukan upacara Ashwamedha Yagna untuk membunuh Rahwana

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaRahwana. scroll.in

3. Rahwana melakukan puja untuk Setu yang dibangun oleh Rama dan pasukan wanara, sekaligus memberkatinya juga karena hanya dialah Pandit yang paling terpelajar yang ada saat itu!

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaRahwana. commons.wikimedia.org

4. Mengapa Rahwana terlihat memiliki 10 muka atau Dasamuka? Beberapa versi Ramayana mengatakan bahwa kalung sembilan mutiara pemberian ibunya menyebabkan ilusi penglihatan. Versi lain mengatakan bahwa untuk menyenangkan Batara Siwa, Rahwana memotong kepalanya sendiri menjadi beberapa bagian, tetapi pengabdiannya membuat setiap kepala berkembang menjadi kepala yang lain.

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaRahwana. sadhana108.com

5. Bukan cuma Rama, ternyata Rahwana pernah dikalahkan oleh Raja Wanara, Subali atau Bali! Rahwana menantang Bali yang tengah bermeditasi. Karena kesal, Bali mengalahkan Rahwana dan mengetekinya selama 6 bulan! Rahwana sampai memohon untuk dilepaskan dan mengakui Bali sebagai makhluk terkuat di Bumi. Bali akhirnya dibunuh oleh Sri Rama

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaRaja Wanara, Bali. commons.wikimedia.org

6. Meskipun sedang meregang nyawa, Rahwana masih mampu mengajar! Sri Rama menyuruh Laksmana duduk di sebelah Rahwana yang menghadapi sakratulmaut, dan sang Raja Raksasa mengajari adik Sri Rama tentang tata negara dan diplomasi agar tidak jatuh di kesalahan yang sama dengannya

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaKematian Rahwana disaksikan oleh Rama dan Laksmana. id.pinterest.com

7. Terlihat brutal, Rahwana adalah sosok yang berseni. Dari pintar memainkan kecapi Veena sampai membuat veena-nya sendiri, hingga mengarang stotram untuk Batara Siwa, "Shiv Tandav"

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaRahwana memainkan veena. artofkarthik.com

8. Dengan kekuatan dan pengaruhnya, Rahwana bisa mengendalikan tata surya! Menjelang kelahiran putranya Megananda atau Indrajit, Rahwana memerintahkan posisi planet-planet agar memberinya keabadian. Planet Saturnus atau Shani menolak sehingga membuat Rahwana kesal. Ia kemudian menyerang Shani dan bahkan memenjarakannya! Oleh karena itulah, Indrajit tidak jadi abadi dan bisa mati di tangan Laksmana

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaLaksmana membunuh Indrajit. commons.wikimedia.org

9. Sebagai asura yang paling kuat, Rahwana tahu bahwa mereka dikirim ke bumi untuk melakukan peran tertentu dan bahwa takdirnya adalah untuk mati di tangan seorang awatara Wisnu, sesuatu yang akan membantunya mencapai moksa dan melepaskan wujud asura-nya!

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaRahwana bermeditasi. indiatimes.com

10. Rahwana dianggap sebagai penyembah dewa yang paling khusyuk, sampai menyenangkan Batara Siwa sampai sang Batara menyerahkan berbagai anugerah dan senjata dewa kepada Rahwana!

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaRahmana bertapa kepada Batara Siwa. pinterest.com

11. Rahwana sebenarnya adalah titel! Nama asli Rahwana adalah Dasanana atau "Sepuluh Kepala". Saat itu, Rahwana ingin memindahkan rumah Batara Siwa di Gunung Kailash ke Alengka. Hanya dengan jari kakinya, Batara Siwa membuat Gunung Kailash menimpa kaki Dashnana! Berteriak kesakitan, konon Dashnana mencabut salah satu kepalanya dan urat sarafnya sendiri untuk menggubah Shiv Tandev dan membuat kecapinya sendiri, Ravana veena. Tersanjung dengan dedikasinya, Siwa memberikan gelar Rahwana, yang berarti "Berteriak Kencang"

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaRahwana mengangkat Gunung Kailash, rumah Batara Siwa. kailash-mansarovaryatra.in

12. Kekalahan Rahwana bisa dibilang karena istrinya, Mandodari. Saat melihat ia hampir kalah, Rahwana melakukan upacara Yajna yang mengharuskannya diam dan tidak meninggalkan posisinya. Sri Rama pun mengirim pasukan wanara untuk mengacaukan Rahwana. Saat Mandodari diseret oleh anak Bali, Anggada, Rahwana tetap bergeming! Mandodari pun menghina Rahwana dan mengatakan kalau ia "kalah dari Sri Rama yang rela mati demi istrinya". Akhirnya, Rahwana pun meninggalkan Yajna-nya, dan kalah!

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaYajna atau persembahan api. commons.wikimedia.org

13. Rahwana adalah tabib yang hebat. Ia menuliskan buku pelajaran tentang berbagai pengetahuan medis, dari seni memeriksa nadi (Nadi Pariksha) hingga meramu obat untuk penyakit parah (Arka Shastra)

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaMemeriksa nadi. artofliving.org

14. Selain di bidang medis, Rahwana juga adalah cendekiawan yang amat terpelajar dalam hal 4 Weda dan 6 bidang Shastra. Selain berkuasa di bidang astronomi, Rahwana juga memiliki bakat meramal dan membuat ilusi optik yang memenangkan perang untuknya!

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaSumber Gambar : thayyiba.com

15. Rahwana bermeditasi selama 11.000 tahun dan menerima berkah keabadian dari Dewa Brahma, dan hanya bisa mati jika diserang di naabhi (pusar). Adik Rahwana, Wibisana, mengetahui hal ini dan memberi tahu Sri Rama tentang kelemahannya pada hari kesepuluh pertempuran!

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaSri Rama menghadapi Rahwana. pinterest.com

16. Sebagai raja, Rahwana memiliki banyak walimana yang dapat digunakan. Yang paling terkenal adalah kereta wilmana Puspaka yang ia gunakan untuk menculik Sita ke Lanka, dan yang digunakan Sri Rama untuk terbang kembali ke Ayodhya!

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaRahwana memotong sayap Jatayu sambil memegang Sita. commons.wikimedia.org

17. Rahwana memiliki banyak istri dan banyak anak juga. Tidak diketahui berapa, tetapi Rahwana paling menyayangi Mandodari. Tetapi, hal tersebut tidak menghentikan Rahwana untuk menculik Sita!

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaPara istri Rahwana menangisi kematian suaminya. commons.wikimedia.org

18. Anugerah keabadian Rahwana membuatnya egois dan menganggap diri paling kuat di antara semua makhluk. Hal ini yang dianggap awal dari kejatuhannya saat menculik Sita dari Sri Rama, awatara Wisnu di Bumi.

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaRahwana menculik Dewi Sita. thenationalnews.com

19. Secara harafiah, "kelemahan" Rahwana adalah wanita. Karena mau menggoda istrinya, sepupu Rahwana, Nalakuwara, mengutuk Rahwana. Kalau ia berani memegang wanita tanpa izin, kepala Rahwana akan meledak! Mungkin, karena itulah Rahwana tidak berani menyentuh Sita. Toh, akhirnya juga Sita harus tetap terjun ke api "Agni Pariksha" untuk membuktikan "kesuciannya" terhadap Sri Rama!

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaDewi Sita melakukan Agni Pariksha. theanalyst.co.in

20. Rahwana dan saudaranya, Kumbakarna, sebenarnya adalah jelmaan dari penjaga gerbang Wisnu, Jaya dan Wijaya! Saat empat anak Brahma (kumara) mau bertamu ke rumah Dewa Wisnu, Waikunta, Jaya dan Wijaya menghina mereka. Marah, para kumara mengutuk Jaya dan Wijaya agar terpisah dari Wisnu! Jaya dan Wijaya pun memohon ampun dan memilih menjalani tiga kali kehidupan sebagai musuh dari Wisnu, daripada tujuh kali kehidupan sebagai kawan Wisnu. Nah, Rahwana dan Kumbakarna adalah jelmaan yang ke-2!

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaJaya dan Wijaya dikutuk oleh empat Kumara. durgadash.com

21. Kekuatan Rahwana tak tertandingi. Terbukti dalam berbagai kisah bahwa ia bisa menggerakkan lautan dan mengangkat gunung. Bersama Indrajit, Rahwana bahkan melawan Raja Dewa dan Petir Indra, menahan serangan gading wahana gajah Indra, Airawata, dan bahkan cakram Wisnu. Satu-satunya manusia yang bisa mengalahkannya secara fisik adalah Raja Hehaya, Kartawirya Arjuna, dan Raja Wanara, Bali!

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaRahwana bertempur melawan Sri Rama, Laksmana, dan para wanara. commons.wikimedia.org

22. Terkenal sebagai raja raksasa, Rahwana memiliki jabatan penting di tiga alam: Bumi, Langit, dan raja para asura. Dengan rahmat dari Dewa Brahma dan Batara Siwa, Rahwana bak tak terkalahkan!

Penculik Dewi Shinta Bermuka 10, 22 Fakta Unik RahwanaKekuatan Rahwana yang bak tiada batas. aminoapps.com

Itulah beberapa fakta menarik mengenai Raja Raksasa dari Alengka, Prabu Rahwana. Menyandang titel Dasamuka, Rahwana menguasai tiga alam dengan senjata dewa dan berbagai anugerahnya yang dahsyat. Seluruhnya ternyata berasal dari pengabdiannya yang besar pada Batara Siwa dan Dewa Brahma.

Dari menantang dewa hingga mati di tangan awatara Wisnu, Sri Rama, cerita mengenai Rahwana memiliki sudut pandang sendiri. Berbagai cerita membuktikan kalau Rahwana pun memiliki sifat ksatria dan pribadi terpelajar, bukan sekadar jahat!