Pandemi Corona, Nominasi Golden Globe Awards 2021 Didominasi Netflix

Pandemi Corona, Nominasi Golden Globe Awards 2021 Didominasi Netflix

Terbaiknews - JAKARTAKOMPAS.com- Setelah nominasi Golden Globe Awards 2021 resmi diumumkantak jauh berbeda...

JAKARTA, KOMPAS.com- Setelah nominasi Golden Globe Awards 2021 resmi diumumkan, tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, nominasi Golden Globes tahun ini kembali banyak didominasi oleh Netflix.

Tahun ini Netflix mendapatkan 42 nominasi yang mengejutkan di seluruh film dan TV, lebih dari setengah total gabungan semua distributor lainnya sebanyak 83.

Netflix adalah distributor film yang paling banyak dinominasikan dengan 22 nominasi, dipimpin oleh Mank dan The Trial of the Chicago 7, dan distributor TV yang paling banyak dinominasikan dengan 20 nominasi, diikuti oleh The Crown dan Ozark.

Golden Globes 2021 Digelar 28 Februari, Dipandu Tina Fey dan Amy Poehler

Penonton streaming meledak selama pandemi corona terjadi karena orang-orang banyak menghabiskan waktu di rumah.

Ditambah lagi bioskop-bioskop ditutup karena pandemi Covid-19, platform SVOD atau Subscribtion Video on Demand menjadi satu-satunya jalan untuk menjangkau penonton yang lebih luas.

Sehingga membuat alokasi distribusi film untuk bioskop dialihkan untuk dijual ke layanan streaming.

Sebagai tanda kekuatannya saat ini di pasar, Netflix mencetak nominasi film tiga kali lebih banyak daripada distributor nominasi kedua, sesama penyedia layanan streaming, Amazon.

Mank dari Netflix yang menampilkan Gary Oldman sebagai penulis skenario terkenal Herman Mankiewicz, adalah film yang paling banyak dinominasikan dengan enam nominasi.

Sementara The Trial Of The Chicago 7, disutradarai oleh Aaron Sorkin, adalah film kedua yang paling banyak dinominasikan dengan lima penghargaan.

Bahkan tanpa pandemi, layanan streaming telah mendominasi bidang TV di Golden Globes 2020 dengan total 30 nominasi di antaranya Netflix, Hulu, Amazon Prime Video, dan Apple TV +.