7 Makanan Terbaik untuk Hamster, Tidak Hanya Kuaci

7 Makanan Terbaik untuk Hamster, Tidak Hanya Kuaci

Terbaiknews - Berkat manga Hamtaro yang dibuat oleh Ritsuko Kawaikita berpikir bahwa makanan utama hamster...

Berkat manga Hamtaro yang dibuat oleh Ritsuko Kawai, kita berpikir bahwa makanan utama hamster adalah biji bunga matahari. Padahal, hamster makan berbagai jenis makanan, mulai dari biji-bijian, buah-buahan, hingga sayuran segar dan sedikit protein.

Mari kita bedah satu persatu makanan terbaik untuk hamster beserta kandungan nutrisinya. Scroll down, please!

1. Apel

7 Makanan Terbaik untuk Hamster, Tidak Hanya Kuacispicemountain.co.uk

Sebagai buah yang sangat bernutrisi, apel kaya akan karbohidrat, vitamin, dan mineral. Seperti vitamin B, C, E, dan K, serta mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor.

Melansir dari laman Hamsters Portal, apel mengandung antioksidan untuk mengeluarkan racun dan serat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, vitamin B kompleks meningkatkan metabolisme dan jantung terjaga berkat kandungan mineralnya.

Potong apel dalam irisan yang sangat tipis dan buang bijinya. Agar hamster bisa mengunyah dan menelan dengan nyaman, berikan apel dalam potongan kecil.

2. Pisang

7 Makanan Terbaik untuk Hamster, Tidak Hanya Kuacieatthis.com

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 3,1 gram serat, 1,3 gram protein, dan 0,4 gram lemak. Ingatlah bahwa hamster rentan terhadap diabetes dan buah-buahan yang tinggi gula seperti pisang bisa meningkatkan risiko jika tidak diberikan dengan benar.

Satu porsi pisang tidak boleh lebih dari seperempat sendok teh dan bisa diberikan 1-2 kali seminggu. Jika memungkinkan, berikan pisang setelah makan utama, laman Hutch and Cage menyarankan.

3. Brokoli

7 Makanan Terbaik untuk Hamster, Tidak Hanya Kuacierrenskitchen.com

Secangkir brokoli mentah mengandung 31 kalori, 6 gram karbohidrat, 2,6 gram serat, 2,5 gram protein, dan 0,3 gram lemak. Sayuran renyah seperti brokoli dibutuhkan untuk mengendalikan pertumbuhan gigi hamster.

Seberapa banyak brokoli yang bisa diberikan? Cukup 2-3 kali seminggu dengan porsi kecil, sekitar seperempat hingga setengah sendok teh.

Dikutip laman Hamsters Portal, lebih baik brokoli dikukus atau direbus dulu daripada disajikan mentah. Ini dilakukan agar insektisida atau pestisida yang menempel pada sayuran hilang dan bakteri di dalamnya mati.

4. Wortel

7 Makanan Terbaik untuk Hamster, Tidak Hanya Kuacihealthifyme.com

Satu buah wortel berukuran sedang mengandung 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 1,5 gram serat, dan 0,5 gram protein. Sama seperti brokoli, wortel adalah sayuran yang renyah dan bergizi.

Menurut Dr. Carol Osborne, pemilik Chagrin Falls Veterinary Center Pet Clinic di Chagrin Falls, Ohio, wortel bisa diberikan dalam jumlah sedang. Jangan memberinya dalam jumlah banyak karena bisa membuat mereka kelebihan berat badan dan rentan terhadap diabetes.

Wortel bisa diberikan setelah makan utama sebanyak 2-4 kali seminggu. Setelah dicuci bersih, iris tipis-tipis, lalu berikan ke hamster.

5. Biji labu

7 Makanan Terbaik untuk Hamster, Tidak Hanya Kuacidurhampecan.com

Satu ons biji labu yang dipanggang mengandung 163 kalori, 14 gram lemak, 8,5 gram protein, 4,2 gram karbohidrat, dan 1,8 gram serat. Namun biji labu tidak boleh digunakan sebagai makanan pokok. Mengapa?

Sebab kandungan lemaknya tinggi dan bisa membuat hamster obesitas. Meski begitu, biji labu tetap boleh diberikan sebagai camilan.

Berikan dalam jumlah kecil beberapa kali dalam seminggu. Takaran pemberian harus lebih sedikit pada hamster berukuran kecil seperti roborovski (hamster kerdil), saran laman Hamster Pet Care.

6. Bayam

7 Makanan Terbaik untuk Hamster, Tidak Hanya Kuacigoodhousekeeping.com

Selain brokoli, sayuran hijau lain yang aman untuk hamster adalah bayam. Sebagai sumber serat dan antioksidan alami, bayam mengurangi oksidasi sel dan menyehatkan pencernaan.

Berapa takaran yang tepat? Melansir dari laman My Perky Pet, hamster membutuhkan setengah hingga satu sendok teh bayam setiap 1-2 hari sekali. Jangan lupa dicuci bersih sebelum disajikan.

Tapi, berhati-hatilah dan jangan memberikan terlalu banyak. Sebab, bayam (dan sayuran berdaun hijau lain seperti selada) akan menyebabkan gas dan diare, saran laman We're All About Pets.

7. Telur rebus

7 Makanan Terbaik untuk Hamster, Tidak Hanya Kuacionceuponachef.com

Telur rebus memenuhi kebutuhan protein hamster. Selain telur rebus, kebutuhan protein bisa didapatkan dari keju cottagedan daging ayam matang (lebih baik direbus daripada digoreng).

Menurut People's Dispensary for Sick Animals, hamster memang bisa sesekali mengonsumsi telur rebus. Berikan potongan kecil beberapa kali dalam seminggu.

Laman Pets on Mom mewanti-wanti untuk membuang sisa telur yang tidak dihabiskan hamster. Sebab, telur akan membusuk jika dibiarkan dan menyebabkan masalah pencernaan pada hamster.

Nah, itulah 7 makanan terbaik dan aman untuk hamster. Dengan makanan yang sehat, hamster akan panjang umur!