7 Film Action Barat Terbaik berdasarkan Rotten Tomatoes

7 Film Action Barat Terbaik berdasarkan Rotten Tomatoes

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- Film actionÂbisa memberikan sensasi tertentu dibandingkan menonton...

Jakarta, CNN Indonesia --

Film actionÂbisa memberikan sensasi tertentu dibandingkan menonton film bergenre lainnya. Melihat adegan laga yang tangkas dan serbacepat membuat adrenalin terasa mengalir dalam tubuh, seakan penonton turut menjadi bagian dari lakon dalam film.

Selain itu, film action yang secara visual sangat memanjakan mata karena melihat aktor bergelut dan melakukan hal-hal yang gila. Di antara ratusan judul keluaran rumah produksi Amerika Serikat, Hollywood, terdapat beberapa yang dianggap sebagai film action barat terbaik yang pernah ada.

Berikut 7 rekomendasi film action barat terbaik merujuk Rotten Tomatoes.



1. Apocalypse Now (1979)

[Gambas:Youtube]

Apocalypse Now diadaptasi dari novel Heart of Darkness karya Josep Conrad. Film ini mengambil latar waktu dan suasana yang sama yakni Perang Vietnam.

Kapten Willard (Martin Sheen) yang sudah pada penghujung karier ditugaskan untuk mencari dan berurusan dengan AWOL Kolonel Kurtz (Marlon Brando).

Pasukan Kurtz melintasi perbatasan Kamboja dan sedang melakukan misi melawan Viet Cong dan NVA. Mereka percaya bahwa Kurtz telah menjadi gila dan tugas William adalah untuk menyingkirkan Kurtz.

Film berdurasi 147 menit ini menghabiskan biaya produksi sebesar USD31,5Âjuta dan menghasilkan keuntungan USD91,9Âjuta. Apocalypse Now telah memenangkan dua Oscar untuk kategori Best Cinematography dan Best Sound.


2. Apollo 13 (1995)

[Gambas:Youtube]

Apollo 13 merupakan film drama dokumenter luar angkasa. Kisahnya diadaptasi dari buku berjudul Lost Moon: The Perilous Voyage of Apollo 13 oleh astronot Jim Lovell dan Jeffrey Kluger pada 1994.

Apollo 13 adalah salah satu misi pendaratan manusia ke bulan pada 11 April 1970. Kisah berawal saat Astronot Jim Lovell (Tom Hanks) memimpin pilot modul perintah Jack Swigert (Kevin Bacon) dan pengemudi modul bulan Fred Haise (Bill Paxton) yang dijadwalkan melakukan pendaratan NASA yang ketiga di bulan--sebelumnya, pendaratan pertama kali dilakukan oleh Neil Amstrong.

Namun misi itu tidak mulus. Dalam perjalanan, terjadi ledakan di dalam pesawat dan mengakibatkan stok tabung oksigen meledak pada hari kedua yang mengancam oksigen dan pasokan listrik kru Apollo 13.

Berkat kisahnya yang epic, Apollo 13 mendulang banyak pujian dan dinominasikan untuk 9 Academy Awards, termasuk Film Terbaik dan berhasil meraup lebih dari USD355 juta di seluruh dunia sejak filmnya dirilis.


3. Catch Me If You Can (2002)

7 Film Action Barat Terbaik berdasarkan Rotten TomatoesFoto: Dok. DreamWorks via Imdb
Catch Me If You Can merupakan salah satu film action barat terbaik yang diadaptasi dari kisah nyata.

Catch Me If You Can diadaptasi dari kisah nyata yang mengisahkan Frank Abagnale (Leonardo DiCaprio). Frank dipekerjakan sebagai dokter, pengacara, dan co-pilot untuk perusahaan maskapai besar. Semua ini diraihnya sebelum mencapai ulang tahun Frank yang ke-21.

Bahkan saat masih berusia 17 tahun, dia sudah menjadi perampok bank paling sukses dalam sejarah Amerika Serikat. Agen FBI bernama Carl Hanratty (Tom Hanks) pun menjadikan dia target utama buruan.

Film ini dirilis perdana di Amerika Serikat pada 25 Desember 2002 dan sukses meraup untung. Selain itu disebut-sebut mendapat penilaian bagus dari para kritikus film.


4. Back to The Future (1985)

[Gambas:Youtube]

Film action barat terbaik yang satu ini bermula saat seorang pemuda berumur 17 tahun bernama Marty McFly merasa hidupnya tidak menyenangkan.

Ayahnya selalu mendapat perundungan dari bosnya dan sang ibu pecandu alkohol. Satu hari Marty mendapat panggilan dari temannya, seorang ilmuwan bernama Dr. "Doc" Emmet Brown untuk menemuinya di Twin Pines Mall.

Di tempat tersebut Doc memperlihatkan dan dan mendemonstrasikan sebuah mesin waktu yang dipasang di mobil DeLorean. Mesin waktu ini dapat bekerja apabila didukung oleh sumber tenaga listrik yang bersar dari sebuah plutonium.

Secara tidak sengaja Marty mengaktifkan mesin waktu tersebut dan mengirimnya kembali ke tahun 1955. Singkat cerita, pada tahun itu, dia secara tidak sengaja menghalangi pertemuan kedua orang tuanya..

Dalam review Rotten Tomatoes, film Back To the Future mendapat rating rata-rata 8.73.


5. No Country for Old Men (2007)

[Gambas:Youtube]

No Country for Old Men diadapatasi dari novel karya Cormac McCarthy pada 2005 dengan judul yang sama. Film ini menceritakan Di gurun Rio Grande, seorang pria pekerja bernama Llewelyn Moss menemukan $2 juta dollar dalam sebuah koper. Uang tersebut berkaitan dengan transaksi narkoba yang sebelumnya terjadi di tempat itu.

Moss dikisahkan sebagai veteran perang Vietnam. Dia kemudian membawa uang tersebut dan merahasiakannya dari siapa pun, namun tanpa sadar rupanya koper itu telah dipasangi alat pelacak.

Koper yang dia bawa itu memicu reaksi berantai yang keras dalam sebuah drama kejahatan yang dipreteli oleh Joel dan Ethan Coen. Llewelyn Moss (Josh Brolin).

Sejak saat itu dia pun dikejar oleh pembunuh bernama Anton Chigurh. Satu waktu sheriff setempat yakni Ed Tom Bell berusaha meyakinkan Moss agar uang itu diserahkan pihak berwenang.

Sebab jika tidak hidup Moss bisa berakhir menjadi tragedi karena dia akan terus dikejar seorang psikopat yang jadi pembunuh.

Keberhasilan film ini dibuktikan dengan memenangkan 76 penghargaan dari 109 nominasi di berbagai organisasi. Bahkan American Film Institute mendaftarkannya sebagai AFI Movie of the Year, dan National Board of Review memilih No Country for Old Men sebagai film terbaik tahun 2007.


6. Mad Max: Furry Road (2005)

7 Film Action Barat Terbaik berdasarkan Rotten TomatoesFoto: Warner Bros. Pictures
Mad Max: Fury RoadÂdianggap sebagai film action barat terbaikÂdengan adegan penuh pertarungan dan kejar-kejaran.

Mad Max: Furry Road bercerita tentang dunia usai hancur akibat serangan nuklir yang hanya menyisakan padang pasir luas. Max Rockatansky (Tom Hardy) adalah salah satu orang yang selamat dari bencana tersebut.

Dia kemudian ditangkap oleh sekelompok tentara War Boy yang terkenal kejam dipimpin oleh Immortan Joe (Hugh Keays-Byrne) lalu dibawa ke penjara. Di dalam penjara Max dipaksa mendonorkan darahnya kepada salah satu War Boy yang sakit, Nux (Nicholas Hoult). Nux harus selalu mendapat asupan darah agar bisa bertahan hidup.

Dalam film, Joe dikisahkan hidup bersama lima istrinya yang sedang mengandung anaknya. Satu waktu, Joe menugaskan Imperator Feriosa (Charlize Theron) untuk mengumpulkan bahan bakar menggunakan truk lapis baja dan alat bor.

Saat Feriosa sedang menjalankan tugas yang diberikan, Joe baru sadar bahwa kelima istrinya hilang. Diketahui kemudian bahwa istri-istrinya sedang berusaha kabur bersama Fariosa.

Nux bergabung dalam pengejaran orang yang dianggap berkhianat bersama Max di sampingnya. Max tetap harus mendonorkan darahnya kepada Nux. Terjadilah pertarungan dan kejar-kejaran di padang pasir itu.

Film yang ditulis Brendan McCarthy, Nick Lathouris dan George Miller ini tayang perdana pada 15 Mei 2015. Laman Rotten Tomatoes memberi skor 97 persen. Sementara penonton memberi skor 85 persen. Sementara situs IMDb memberi skor 8,1 dari 10.


7. Avengers: Endgame (2019)

[Gambas:Youtube]

Marvel Studio dan Walt Disney selaku pemegang lisensi kisah superhero dari komik-komik berjudul sama karya Stan Lee ini tahun lalu baru menyelesaikan kisah universe Marvel fase pertama.

Tidak sedikit penggemar yang menyebut bahwa film action terbaru Avengers: Endgame ini adalah penutup yang luar biasa dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) yang telah berjalan 20 tahun.

Avengers: Endgame berkisah soal para superhero Marvel yang awalnya putus asa dengan kehidupan. Ini karena dalam sekuel sebelumnya, Marvel: Infinity Wars, mereka kalah dari Thanos yang berhasil melenyapkan setengah penduduk bumi.

Thanos melakukan hal tersebut sebab berhasil mengumpulkan lima infinity stones dalam perjalanan hidupnya.

Hingga satu waktu datang karakter Antman yang membawa angin segar pada superhero yang kadung putus asa tersebut.

Dia membawa konsep time-travel untuk mengulang waktu kembali. Mereka pun membuat rencana untuk kembali ke setiap masa waktu itu masih aman dan hendak mengamankan semuanya dan menjentikkan jari kembali untuk mengembalikan semua penduduk yang sempat hilang.

Singkat cerita perjuangan mereka pun berhasil, semua penduduk yang sempat hilang kembali ke muka bumi. Namun akibat pertempuran itu, Iron Man harus mengorbankan nyawanya.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]
7 Film Action Barat Terbaik berdasarkan Rotten Tomatoes Di antara ratusan judul keluaran rumah produksi Hollywood, terdapat 7 yang dianggap sebagai film action barat terbaik yang pernah ada. (Foto: Courtesy of Warner Bros. Pictures, cuplikan film Mad Max: Furry Road)