Universitas Indonesia Salurkan Bantuan Covid-19 dari Depok hingga Papua

Universitas Indonesia Salurkan Bantuan Covid-19 dari Depok hingga Papua

Terbaiknews - JakartaBeritasatu.com - Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) Universitas...

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) Universitas Indonesia saat ini sedang menjalankan penyaluran bantuan baik ke masyarakat umum, maupun ke titik-titik rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19.

Tindakan ini merupakan bagian dari amanah pengabdian yang dilakukan oleh universitas sebagai salah satu wujud aksi nyata demi membantu serta mendampingi masyarakat dalam semangat kebersamaan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Saat ini rumah sakit masih membutuhkan APD (Alat Pelindung Diri) bagi para tenaga kesehatan yang berada di garda depan dalam upaya mencegah penyebaran virus. Keselamatan tenaga medis harus diprioritaskan.

Selain menyalurkan bantuan ke RS Universitas Indonesia (RS UI), bantuan APD untuk para tenaga medis juga disalurkan ke RS Tugu Ibu, Depok. Dilaporkan oleh pihak humas RS Tugu Ibu bahwa mereka telah menyelenggarakan pemeriksaan rapid test untuk 434 orang, sementara itu dari pemeriksaan tersebut yang dinyatakan positif adalah 30 orang.

Adapun rapid test yang dilakukan pada tenaga kesehatan sejumlah 76 orang dan yang dinyatakan positif 3 orang. Mereka mengatakan bahwa akses untuk APD masih menjadi kendala, dan bantuan lembaga seperti DPPM, maupun sumbangan dari masyarakat sangat membantu keselamatan tenaga kesehatan dalam bertugas.

DPPM UI juga menyalurkan bantuan ke masyarakat di Kelurahan Beji Timur. Bantuan tersebut berupa masker, vitamin, hand sanitizer dan alat-alat kebersihan diri. Kehadiran DPPM UI ke masyarakat merupakan bagian dari komitmen untuk mengabdi dan melayani. Salah satu bentuk sosialisasi yang kami lakukan adalah pola hidup bersih dan sehat pada masa pandemi ini.

Selain menyalurkan bantuan di sekitar Depok dan Jakarta, DPPM UI juga mengirimkan bantuan ke RSUD Abepura, di Jayapura. RSUD Abepura merupakan rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19 di Papua. Mereka melaporkan bahwa sudah merawat dan menyembuhkan lebih dari 30 pasien. Mereka menyatakan pula bahwa dalam situasi darurat rumah sakit masih membutuhkan APD untuk para tenaga medis.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris mengatakan, “Saat situasi kebencanaan yang butuh kesigapan, universitas melalui program DPPM yakni UI Peduli menjadi komponen yang penting dalam melakukan pendampingan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Inilah amanah kita, bagaimana keilmuan kita saat ini difokuskan untuk mengangkat penderitaan masyarakat yang disebabkan oleh pandemi.”


Sumber: BeritaSatu.com
Indonesia