UMSU Sepakati Program Kredit Transfer dengan Kampus Malaysia

UMSU Sepakati Program Kredit Transfer dengan Kampus Malaysia

Terbaiknews - Mahasiswa UMSU akan di fasilitasi magang di perusahaan mitra kampus UniMAP.
Mahasiswa UMSU akan di fasilitasi magang di perusahaan mitra kampus UniMAP.

, MEDAN - - Fakulti Kejuruteraan (Teknik) Komputer dan Komunikasi Universiti Malaysia (UniMAP) sepakat melaksanakan program kredit transfer mahasiswa dengan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIKTI) Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU). Mahasiswa FIKTI UMSU bisa mengambil masa kuliah di UniMAP, demikian pula sebaliknya.

Menurut Dekan FIKTI UMSU Akrim, poin kesepakatan antara dua perguruan tinggi itu dilakukan melalui diskusi yang dilanjutkan dengan penandatanganan naskah kesepahamaman(MoU) kerja sama. "Dengan demikian mahasiswa bisa menimba pengalaman dan membangun jaringan komunikasi dengan sesama mahasiswa di luar negeri," katanya, Jumat (6/2).

Selain kesepakatan kredit transfer, UniMAP juga memfasilitasi mahasiswa FIKTI UMSU mengikuti magang internasional di perusahaan teknologi di Malaysia yang menjadi mitra kampus tersebut.

"UniMAP juga siap menggandeng FIKTI UMSU dalam mengikuti kegiatan ekspo inovasi sebagai sarana promosi sekaligus menunjukan kemampuan di bidang inovasi dan pengembangan teknologi informasi," kata Akrim.

Wakil Rektor 3 UMSU Rudianto menambahkan kerja sama antara UMSU dan UniMAP sudah ditandatangani pada November 2019. Program kegiatan antara FIKTI dan Fakultas Komputer dan Komunikasi UniMAP merupakan tindak lanjut dari kesepakatan antaruniversitas.

Ia menjelaskan kerja sama dengan UniMAP dan sejumlah universitas lain di Malaysia, di antaranya USM, UUM, UPM, UPSI dan IPGK Ipoh adalah bagian dari program UMSU Global Network. Kerja sama internasional ini diharapkan akan menjadi pondasi dalam mewujudkan visi UMSU sebagai universitas berkelas internasional.

Rektor UMSU Agussani telah menerapkan visi UMSU 2033 sebagai universitas berkelas internasional. Maka untuk mewujudkan itu perlu dilakukan uapaya kerjasama yang akan menjadi sarana bagi pencapaian visi dan misi yang ditetapkan.

sumber : Antara