UGM Helat Olgenas International Geolympiad Secara Daring

UGM Helat Olgenas International Geolympiad Secara Daring

Terbaiknews - Menghelat agenda ini secara daring merupakan pengalaman baru.
Menghelat agenda ini secara daring merupakan pengalaman baru.

, SLEMAN -- Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kembali menggelar Olgenas International Geolympiad 2021. Walaupun di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Tanah Air, olimpiade tahunan pelajar SMP dan SMA sederajat ini sukses diadakan secara daring.
Kompetisi tahun ini digelar 25-29 Januari 2021 dan mengusung tema A City for All: Elevating Urban Inclusivity and Liveability for A Sustainable Future. Ketua Panitia Olgenas 2021, Alvin Anindita mengatakan, pelaksanaan kali ini memang cukup berbeda. "Akibat pandemi Olgenas tahun ini melalui zoom meeting dan sibiti," katanya.
Ia menuturkan, menghelat agenda ini secara daring merupakan pengalaman baru. Maka itu, mereka sudah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan cukup lama mulai dari perangkat sound, lightning, monitor, serta meningkatkan bandwidth Wi-Fi.
Selain itu, panitia turut membuat grup obrolan demi memudahkan koordinasi dan komunikasi. Selama lima hari kompetisi, peserta Olgenas melaksanakan berbagai kegiatan meliputi tes tertulis, tes multimedia, dan observasi pembelajaran virtual.
Ada pula kuliah umum dan studi kasus untuk siswa SMP, tes lab dan perencanaan presentasi proposal untuk siswa SMA. Olgenas tahun ini menghadirkan kegiatan khusus bagi guru pendamping, meliputi lokakarya, tur lab virtual, FGD, dan kuliah umum.
Masyarakat umum juga dapat berpartisipasi mengunjungi Expo Olgenas yang menggunakan aplikasi Artsteps. Kemudian, ada webinar Geotalk menghadirkan peneliti-peneliti dunia, yang semua rangkaian kegiatan itu dapat diikuti tanpa dipungut biaya.
"Semoga kompetisi ini selalu menjadi agenda yang dinanti-nanti oleh teman-teman SMP dan SMA, serta masyarakat pada umumnya," ujar Alvin.

Berita dengan kategori