SMA IT Nurul Fikri Boarding School Gelar Lomba Bulan Bahasa

SMA IT Nurul Fikri Boarding School Gelar Lomba Bulan Bahasa

Terbaiknews - Pendidikan bahasa merupakan salah satu wahana untuk membentuk karakter siswa.
Pendidikan bahasa merupakan salah satu wahana untuk membentuk karakter siswa.

, BOGOR -- Dalam rangka memperingati bulan bahasa, SMA IT Nurul Fikri Boarding School Bogor menggelar beberapa lomba internal dan lomba eksternal di bulan Oktober-November 2020 yang bertema “Bahasa Membentuk Karakter Bangsa”. Tema tersebut menjelaskan bahwa budi luhur bangsa Indonesia terletak pada budi penduduknya, yang kemudian tercermin pada bahasanya.
Pendidikan karakter berkaitan erat dengan pendidikan bahasa, sebab sebagian nilai karakter terdapat dalam pendidikan bahasa.

Pendidikan bahasa merupakan salah satu wahana untuk membentuk karakter siswa. Kesadaran berbahasa yang baik dan benar para pemakainya menjadi bagian penting dari pendidikan karakter bangsa. Maka utamakan bahasa Indonesia, kuasai bahasa asing, lestarikan bahasa daerah, yang artinya utamakan bahasa Indonesia yakni selalu mendahulukan bahasa Indonesia.

Lomba bulan bahasa merupakan program tahunan unggulan yang diselenggarakan oleh bidang kurikulum SMA IT Nurul Fikri Boarding School Bogor. Lomba ini adalah bagian dari gerakan literasi sekolah dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca, menulis, dan berbicara sesuai norma sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.
Bahasa sebagai wahana pendidikan karakter perlu direncanakan, dibina, dan dimodernkan. Salah satu strategi yang dilakukan oleh SMA IT Nurul Fikri Boarding School Bogor adalah dengan menyelenggarakan lomba bahasa internal dan eksternal.

Lomba internalnya meliputi menulis cerpen, menulis puisi, NFRS (Nurul Fikri Reading System), speech, story telling, news casting, dan Hightlight. Lomba internal diikuti oleh seluruh santri kelas X¬¬-XII SMA IT Nurul Fikri Boarding School Bogor.

photo
SMA IT Nurul Fikri Boarding School Bogor menggelar beberapa lomba internal dan lomba eksternal di bulan Oktober-November 2020 yang bertema “Bahasa Membentuk Karakter Bangsa”. - (SMA IT Nurul Fikri Boarding School)

Deskripsi dari lomba NFRS (Nurul Fikri Reading System) dan Highlight adalah pemanfaatan media literasi dengan menggunakan media teknologi berupa laptop, jaringan internet, dan situs literasi on line. Dalam aplikasi tersebut siswa diminta untuk membaca buku-buku yang sudah ditentukan terlebih dulu. Setelah selesai membaca siswa mengikuti tes secara online melalui aplikasi NFRS dan Highlight.

Anak-anak membaca sesuai dengan levelnya. Jumlah soal untuk setiap buku berbeda-beda. Jika poin pada levelnya sudah tercapai, maka siswa akan naik level atau bisa membaca buku selanjutnya. Siswa diberi kesempatan dua kali tes untuk setiap buku dan jika nilai yang diperoleh masih kurang, siswa bisa mencoba lagi semester berikutnya. Dengan adanya aplikasi online literasi yang menggunakan media teknologi kekinian sesuai kebutuhan anak zaman now, membuat anak lebih menikmati dan tidak bosan. Pemenang lomba ini adalah yang mendapat score tertinggi.

Lomba eksternalnya yaitu membuat poster digital berskala nasional yang merupakan kolaborasi antara bahasa dan seni (art). Peserta lomba ini adalah pelajar tingkat SMP atau sederajat yang tersebar di seluruh Indonesia. Ada 28 peserta yang ikut antara lain dari daerah Bogor, Jakarta, Tulungagung, Meulaboh, Karanganyar, Sidoarjo, Magelang, Yogyakarta, Serpong, dan Bandung. Lomba poster bahasa nasional ini diharapkan bisa menginspirasi masyarakat untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku dan mencerminkan nilai-nilai adat ketimuran yang kita kenal dengan budi bahasanya yang sopan dan santun, serta tercermin dalam akhlak yang baik.

Selain menyelenggarakan serangkaian lomba di bulan bahasa, SMA IT NFBS Bogor juga menghadirkan seminar kelas inspirasi yang diikuti sekitar 350an perserta. Seminar tersebut bertujuan memotivasi santri untuk membentuk karakter pemuda yang menginspirai, mencintai Indonesia dengan bahasa dan prestasi. Narasumber pertama yang dihadirkan yaitu Hardika Dwi Hermawan, S.Pd., M.Sc (ITE) dari University Lecturee at UMS, seorang Executive Director of Desamind, dan Farmer Research Assistant at Hong Kong University. Narasumber kedua yaitu Moch. Akbar Selamat, S.M. Beliau terbaik II Duta Bahasa Nasional 2020, Duta Bahasa Jawa Barat 2020, dan Ajudan Milenial Gubernur Jawa Barat 2020.

Narasumber ketiga yaitu Shopia Salsa kelas XI SMA 38, peraih awardee of IYS 2020. Dalam sambutan diawal acara seminar, ustadz Lukman Fajar Purwoko, selaku Kepala Sekolah SMA IT Nurul Fikri Boarding School Bogor, mengajak pelajar untuk menggunakan bahasa dengan sopan santun, dan penuh tata krama dalam berinteraksi dengan para professional dan akademisi. Bisa memfilter bahasa yang didapat dari film maupun sinetron.

“Selaku ketua pelaksana acara ini, saya berharap dengan adanya agenda literasi bulan bahasa, membuat santri terbentuk budaya bacanya, bisa menyalurkan bakat menulisnya, menumbuhkan kecintaan pada bahasa Indonesia dan kebanggaan menjadi bagian dari bangsa Indonesia. "Selain itu, diharapkan siswa paham akan Pemartabatan Bahasa Indonesia sebagai Nilai Luhur Budaya Bangsa”, ujar Rekian Wijayanti dalam siaran persnya.