Lomba Esai Nasional, Pelajar Indonesia Beradu Tuang Gagasan

Lomba Esai Nasional, Pelajar Indonesia Beradu Tuang Gagasan

Terbaiknews - Peserta beradu gagasan mengenai kontribusi yang akan mereka torehkan untuk Indonesia
Peserta beradu gagasan mengenai kontribusi yang akan mereka torehkan untuk Indonesia

, JAKARTA -- Dimasa pandemi, Tunasmuda Care (T.CARE) menyelenggarakan lomba esai Nasional 2021 bagi pelajar jenjang SMA sederajat. Mereka beradu gagasan tekstual mengenai kontribusi yang akan mereka torehkan untuk Indonesia kelak.
Lomba esai bertema "Kontribusi yang Ingin Kuberikan Pada Indonesia Jika Aku Menjadi Lulusan..." tersebut diikuti oleh 329 pelajar dari seluruh Indonesia. "Lombanya betul-betul me-nasional. Dari data yang masuk, tercatat ada pendaftar dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Maluku. Tapi memang mayoritas dari Pulau Jawa" jelas Hendra Ikhwan, selaku Direktur T.CARE, seperti dalam siaran persnya, Jumat (5/2).
Hendra mengatakan mungkin sebabnya karena tema yang diangkat dari lomba ini cukup menarik. Betul-betul memberikan dorongan kepada para pemuda Indonesia tentang orientasi jalan hidup mereka, mau jadi apa dengan rencana kuliah di jurusan mana, serta semangat yang akan mereka bangun setelah sukses nanti.

photo
Tunasmuda Care (T.CARE) menyelenggarakan lomba esai Nasional 2021 bagi pelajar jenjang SMA sederajat. - (T.Care)

Dari lomba yang diselenggarakan mulai dari tanggal 4 Januari sampai 1 Februari 2021 ini, terpilih 3 esai terbaik. Juara 1 dengan judul Melalui Data, Saya Akan Berperan Dalam Peningkatan Kualitas SDM Indonesia yang ditulis oleh Maharani Wijayanti, pelajar asal SMAN 1 Purworejo. Melalui esai itu, ia bergagasan bahwa data merupakan elemen sebuah negara yang sangat penting, serta keinginannya untuk berkuliah di Jurusan Statistika.
"Nggak sangka bisa jadi juara. Lomba esainya menarik. Saya harap lomba ini dapat diselenggarakan rutin setiap tahun, agar ribuan calon pemimpin bangsa dapat menyampaikan gagasan mereka dalam rangka berkontribusi bagi negeri," ujar Maharani Wijayanti.

Berita dengan kategori