Banyak Diburu Siswa Umum, Sekolah Juara Terapkan Subsidi Silang

Banyak Diburu Siswa Umum, Sekolah Juara Terapkan Subsidi Silang

Terbaiknews - BANDUNG - Sekolah Juara melakukan transformasi pengelolaan pendidikan dari sekolah gratis menjadi...
BANDUNG - Sekolah Juara melakukan transformasi pengelolaan pendidikan dari sekolah gratis menjadi sekolah berbasis social enterprise. Perubahan konsep pengelolaan pendidikan ini diharapkan bisa meningkatkan eksistensi lembaga pendidikan ini.
Direktur Indonesia Juara Foundation Muhammad Sobirin mengatakan, transformasi ini diharapkan semakin memantapkan jaringan Sekolah Juara di seluruh Indonesia menjadi sekolah mandiri. Terutama untuk memfasilitasi anak yatim dan dhuafa untuk melanjutkan pendidikan.

"Transformasinya dari gratis berkualitas menjadi mandiri berkualitas. Ini akan berpengaruh terhadap komposisi siswa, di mana ada siswa umum. Siswa umum ini nantinya akan menyubsidi siswa tidak mampu. Sehingga sekolah ini tetap sustain," kata Muhammad Sobirin saat peresmian perubahan logo Sekolah Juara di Jalan Panyileukan Raya, Kota Bandung, Kamis (23/7/2020).
Menurut dia, selama ini Sekolah Juara mengandalkan donasi dari Rumah Zakat. Konsepnya, sekolah gratis bagi anak yatim dan dhuafa. Namun dalam perjalanannya, sekolah ini banyak diburu calon siswa, lantaran kualitasnya makin baik. Sehingga banyak siswa umum yang ingin menempuh pendidikan di sekolah ini.

Dengan perubahan ini, dia berharap nanti komposisinya bisa 50 Bandung 50. Sehingga, siswa dari kalangan tidak mampu bisa disubsidi oleh siswa umum. Konsep ini juga tetap mengakomodir siswa tidak mampu dan dhuafa tetap mendapatkan akses pendidikan.