5 Bintang yang Jadi Sumber Pengeluaran Terbesar Barcelona Hingga Terancam Bangkrut

5 Bintang yang Jadi Sumber Pengeluaran Terbesar Barcelona Hingga Terancam Bangkrut

Terbaiknews - – Berikut lima bintang yang jadi sumber pengeluaran terbesar Barcelona hingga berpotensi...

– Berikut lima bintang yang jadi sumber pengeluaran terbesar Barcelona hingga berpotensi membuat klub asal Catalan tersebut bangkrut musim ini.

Barcelona sendiri saat ini memang sedang mengalami masalah keuangan cukup pelik. Serupa dengan yang dirasakan tim-tim Eropa, skuad berjuluk Blaugrana tersebut tengah krisis keuangan akibat dampak Covid-19 sepanjang tahun lalu.

Merebaknya pandemi tahun lalu, membuat otoritas sepak bola Spanyol memberlakukan aturan tanpa penonton di tiap laga. Akibatnya, Barcelona pun kehilangan pemasukan cukup besar dari penjualan tiket.

Melansir dari laman resmi klub, diketahui bahwa Barcelona mendapat pemasukan sebesar 855 juta euro (Rp 15 triliun), sementara angka pengeluaran mencapai 955 juta euro (Rp 16,3 triliun) sepanjang tahun lalu.

Artinya, klub mengalami rugi sebesar 100 juta euro. Angka tersebut belum termasuk utang jangka pendek kepada sejumlah klub terkait dengan pembelian pemain pada musim lalu.

Dari data El Mundo, dikabarkan bahwa Barcelona masih memiliki hutang cicilan transfer sebesar 730 juta euro kepada 19 klub dan akan jatuh tempo dalam waktu dekat.

Beberapa klub yang dihutangi Barcelona diantaranya adalah, Liverpool sebesar 29 juta euro untuk pembelian Philippe Coutinho. Selain itu ada juga Atletico Madrid sebesar 5 juta euro saat membeli Antoine Griezmann.

Tak cuma hutang tinggi, sumber pengeluaran terbesar Barcelona hingga berpotensi membuat mereka bangkrut adalah besarnya gaji beberapa pemain berikut yang harus ditanggung klub sepanjang musim.

Lantas siapa sajakah bintang dengan gaji termahal tersebut? Melansir dari data Sllyseason dan Sportekz, berikut INDOSPORT coba merangkum serta menulisnya.

Sergio Busquets

© David Ramos/Getty Images
5 Bintang yang Jadi Sumber Pengeluaran Terbesar Barcelona Hingga Terancam BangkrutPemain Barcelona Sergio Busquets miliki tato tulisan Arab.

Nama pertama adalah Sergio Busquets. Gelandang senior Barcelona tersebut memiliki penghasilan sebesar 1.04 juta pounds selama sebulan, yang artinya Busquets dibayar kurang lebih 250 ribu pounds per pekan.

Angka tersebut terbilang masuk akal, terutama jika mengingat peran serta keloyalan Sergio Busquets bersama Barcelona. Sejak debut di tim utama Barcelona tahun 2008 lalu, pemain berusia 31 tahun ini selalu setia berseragam biru-merah meski banyak tawaran yang datang.

Gelar juara yang diberikan Sergio Busquets untuk Barcelona pun cukup banyak, mulai dari trofi La Liga, Copa del Rey, Supercopa de Espana, UEFA Champions League, UEFA Super Cup hingga FIFA Club World Cup.

Gerard Pique

© Michael Regan - UEFA/UEFA via Getty Images
5 Bintang yang Jadi Sumber Pengeluaran Terbesar Barcelona Hingga Terancam BangkrutGerard Pique tertunduk lesu

Berikutnya ada Gerard Piqué, bek senior Barcelona yang mendapat bayaran sebesar 880 ribu pounds per bulan, atau setara dengan 220 ribu per minggu.

Serupa dengan Sergio Busquets, gaji besar yang diterima Pique sejatinya cukup masuk akal lantaran peran pentingnya dalam mengamankan lini pertahanan Barcelona dalam beberapa tahun terakhir.

Namun dengan kondisi pemain yang kerap absen akibat cedera musim ini, tampaknya pengeluaran besar Barcelona untuk gaji Pique sedikit sia-sia, lantaran klub sudah jarang merasakan service nya.