3 Klausul Menarik dalam Kontrak Fantastis Messi Bersama Barcelona

3 Klausul Menarik dalam Kontrak Fantastis Messi Bersama Barcelona

Terbaiknews - - Kontrak kerja Lionel Messi bersama Barcelona senilai total 555,3 juta euro (hampir setara 9,37...

- Kontrak kerja Lionel Messi bersama Barcelona senilai total 555,3 juta euro (hampir setara 9,37 triliun rupiah) terungkap ke publik saat diterbitkan harian Spanyol, El Mundo Deportivo, pekan lalu.

Berdasarkan laporan tersebut, Messi disebut telah mengantongi sekitar 513 juta euro (hampir setara 8,64 miliar rupiah) selama empat tahun terakhir.

Selain besaran bayaran yang diterima Messi, sejumlah klausul mengenai kewajiban dan hak sang pemain tertera dalam kontrak yang ditandangani penyerang asal Argentina itu pada 2017 lalu.

Messi Seret Lima Orang di Ring 1 Barcelona ke Pengadilan

Klausul menarik pertama dalam kesepakatan kerja Messi dengan Barcelona itu, menuntut sang pemain untuk terlibat secara mendalam dengan kebudayaan serta kehidupan sosial warga Catalunya.

Sebagaimana diketahui, Barcelona merupakan klub asli wilayah Catalunya yang secara terang-terangan memiliki inisiatif untuk memisahkan diri dari negara Spanyol.

Messi dituntut untuk mahir menguasai bahasa Catalan dengan bantuan aktif dari pihak klub, agar dapat melaksanakan kewajiban berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan sosial budaya setempat.

Seperti dilansir dari Marca, hal lain yang berkaitan dengan kewajiban tersebut adalah larangan keras bagi Messi untuk menggunakan doping.

Begitu juga, dengan keharusan sang pemain mematuhi tata perilaku serta pola kehidupan warga Catalunya pada umumnya.

Sebagai gantinya, Messi diberi kesempatan istimewa untuk meninggalkan klub jika negara bagian Catalunya berhasil mewujudkan kemerdekaan saat kontraknya berjalan.

Butir kesepakatan itu didasarkan pada kemungkinan tercoretnya Barcelona dari ajang kompetisi teratas Liga Spanyol, LaLiga, jika Catalunya memerdekakan diri dari negara tersebut.