PREVIEW Arsenal vs Manchester United: Mengubah Rapor Merah Fernandes

PREVIEW Arsenal vs Manchester United: Mengubah Rapor Merah Fernandes

Terbaiknews - Gelandang Manchester United Bruno Fernandes beraksi saat menghadapi Sheffield United di Old TraffordManchester (28/1). (Tim Keeton / POOL / AFP)

JawaPos.com – Setahun lalu (29/1/2020) Bruno Fernandes tiba di Manchester United. Dia diboyong dari Sporting CP dengan status rekrutan termahal pada bursa transfer musim dingin 2019—2020. Performanya selama setahun terakhir memang luar biasa.

Terhitung sejak 90 menit debut bersama United yang diakhiri dengan skor 0-0 melawan Wolverhampton Wanderers di Old Trafford (2/2/2020), Fernandes telah mengoleksi 28 gol dan 18 assist dari 52 laga di berbagai ajang.

Tidak ada pemain di histori Premier League yang punya statistik sebagus Fernandes dalam setahun awal penampilan. Gelar individunya pun menumpuk.

Antara lain, top scorer Liga Europa 2019—2020 dengan 8 gol dan Sir Matt Busby Player of the Year atau pemain terbaik United pilihan fans musim lalu. Tak ketinggalan, empat kali meraih pemain terbaik bulanan Premier League, lalu gol terbaik bulanan Premier League untuk edisi Juni 2020.

Legenda-legenda United yang sekarang jadi pandit seperti Rio Ferdinand, Roy Keane, hingga Gary Neville sepakat bahwa capaian setahun Fernandes hanya sempurna dengan trofi juara pada akhir musim ini. Dan, Premier League adalah ajang paling bergengsi yang masih bisa dimenangi United musim ini.

Hanya, setelah kekalahan oleh Sheffield United, United dituntut menang melawan Arsenal di Emirates Stadium dini hari nanti (siaran langsung Mola TV/NET. pukul 00.30 WIB) untuk tidak ketinggalan jauh oleh Manchester City. United tertinggal 1 poin (40-41) plus City menyimpan satu laga lebih sedikit (19-20).

”Saya tahu saya datang di klub besar yang lama merindukan trofi liga (Premier League, Red) dan kini saya jadi bagian skuad yang diharapkan merealisasikan kerinduan tersebut,” tutur Fernandes kepada MUTV.

Sayang, di fase penting dalam perburuan juara United dan momentum setahun bergabung dengan The Red Devils, performa Fernandes malah goyah. Sepanjang Januari atau dalam lima laga terakhir, gelandang serang berkebangsaan Portugal itu hanya mampu mencatatkan satu gol dan satu assist.

Laga di Emirates Stadium dini hari nanti bisa bermakna ganda bagi Fernandes. Salah seorang rekrutan Januari berpengaruh di Premier League tersebut bisa memungkasi bulan ini dengan semakin buruk atau malah jadi titik balik kebangkitan.

Perlu dicatat, Arsenal adalah satu-satunya klub Premier League yang punya statistik kemenangan 100 persen melawan United saat bersama Fernandes. Ketika berhadapan di Old Trafford dalam matchweek ketujuh musim ini (2/11), The Gunners sukses mempermalukan United dan Fernandes dengan skor 1-0.

”Itu (kekalahan oleh Arsenal, Red) termasuk rapor merah Fernandes musim ini,” tulis ESPN.

Meski begitu, manajer Arsenal Mikel Arteta menganggap Fernandes tetap jadi ancaman berarti bagi klubnya saat berhadapan dini hari nanti. Di sisi lain, Arteta meminta Gooners (fans Arsenal) supaya tak terlalu berharap pada rekrutan klub Januari, Martin Odegaard. Gelandang serang asal Norwegia itu datang dengan status pinjaman dari Real Madrid.

”Mereka (United) membayar mahal untuk Bruno Fernandes dan terbukti sangat jitu. Situasinya jelas berbeda dengannya (Odegaard),’’ kata Arteta dalam pre-match press conference di markas latihan klub, London Colney, tadi malam.

Arteta diklaim masih ingin menunda debut Odegaard. Meski, rekrutan sukses terakhir Arsenal pada Januari (2018) sekaligus kapten tim, Pierre-Emerick Aubameyang, diragukan merumput karena urusan pribadi.

Berita dengan kategori