Sering Kehilangan Poin di Old Trafford, Perlukah Manchester United Pindah Stadion?

Sering Kehilangan Poin di Old Trafford, Perlukah Manchester United Pindah Stadion?

Terbaiknews - - Manchester United yang sudah tampil baik di Liga Inggris hingga mampu merangsek ke papan atas...

- Manchester United yang sudah tampil baik di Liga Inggris hingga mampu merangsek ke papan atas klasemen, ternyata masih belum juga menemui jalan untuk bermain konsisten.

Hal itu dibuktikan ketika mereka kembali gagal menempel ketat Manchester City di klasemen, usai hanya bisa bermain imbang 3-3 melawan Everton pada pekan ke-23, Minggu (07/02/21).

Bermain di Stadion Old Trafford, tuan rumah sebenarnya tampil cukup baik. Bahkan mereka mampu unggul 2-0 di babak pertama lewat gol Edinson Cavani dan Bruno Fernandes.

Memasuki babak kedua, Everton langsung tancap gas. Semangat juang pantang menyerah anak asuh Carlo Ancelotti akhirnya berbuah manis.

Everton mampu menyamakan skor melalui gol Abdoulaye Doucoure dan James Rodriguez. Namun The Red Devils kembali memimpin lewat sepakan Scott McTominay.

Skor 3-2 bertahan hingga memasuki waktu normal akan berakhir. Tapi kemenangan yang sudah di depan mata itu harus sirna seiring gol Dominic Calvert-Lewin di masa injruy time. Skor 3-3 pun bertahan hingga laga bubaran,

Hasil ini membuat Manchester United gagal menempel ketat tetangganya Manchester City, dan malah melebarkan jarak persaingan.

Saat ini, anak asuh Ole Gunnar Solskjaer berada di posisi ke-2 dengan 45 poin dari 23 laga. Sedangkan Man City nyaman di puncak dengan 47 poin.

Meski hanya silisih 2 angka, namun sulit bagi Man United menyalip Man City lantaran tim besutan Pep Guardiola itu unggul selisih gol dan mempunyai dua tabungan pertandingan yang belum dimainkan.

Old Trafford yang (Tidak) Angker Lagi Bagi Man United

Hasil imbang ini memperpanjang catatan buruk Manchester United kala bermain di Stadion Old Trafford, dimana mereka acap kali sering kehilangan poin penting di Liga Inggris.

Total mereka telah memainkan 23 pertandingan dengan rincian 13 kali menang, enam kali imbang dan empat kali kalah dengan raihan 45 poin.

Dari enam laga yang berakhir imbang, tiga di antaranya terjadi saat bermain di Old Trafford melawan Everton (3-3), Manchester City (0-0) dan Chelsea (0-0).

Sedangkan untuk empat kekalahannya, juga terjadi ketika Man United bermain di Old Trafford yakni takluk dari Crystal Palace (1-3), Tottenham Hotspur (1-6), Arsenal (0-1) dan Sheffield United (0-1).

Tak hanya sulit mencari kemenangan, Man United juga kini jadi salah satu tim yang paling sering kebobolan ketika bermain kandangnya.

Dengan total 18 gol sudah bersarang di gawang David De Gea. Mereka hanya kalah dari West Brom (31 gol) dan Newcastle United (21 gol).

Opsi Pindah Stadion?

Permainan Manchester United musim ini perlahan mulai membaik, setelah mereka kembali menjadi jajaran tim menakutkan hingga mampu merangsek ke papan atas klasemen sementara Liga Inggris.

Permainan Manchester United musim ini perlahan mulai membaik, setelah mereka kembali menjadi jajaran tim menakutkan hingga mampu merangsek ke papan atas klasemen sementara Liga Inggris.

Namun sayang konsistensi kerap menjadi batu sandungan mereka terutama ketika bermain di kandang sendiri, yang sering banyak kehilangan poin penting.

Hal tersebut membuat Stadion Old Trafford dinilai sudah tidak angker lagi bagi sang tuan rumah, meski stigma itu sempat mereka bantah dengan kemenangan 9-0 atas Southampton beberapa waktu lalu.

Sayangnya, upaya Man United untuk mengembalikan marwah angker Old Trafford dengan kemenangan besar itu tidak berjalan mulus setelah laga selanjutnya melawan Everton hanya bisa imbang 3-3.

Sejak Ole Gunnar Solskjaer melatih, Old Trafford faktanya memang bukan rumah yang nyaman buat Manchester United. Sebaliknya, malah ramah dengan para tamu mereka.

Solskjaer ditunjuk menggantikan Jose Mourinho pada 19 Desember 2018. Laga melawan Everton merupakan pertandingan ke-106 pelatih asal Norwegia itu di Manchester United.

Dari 106 pertandingan itu, ternyata, statistik pertandingan kandang Manchester United di Liga Inggris sungguh menyedihkan.

Dari 37 laga, Iblis Merah cuma menang 19 kali alias tidak sampai 50 persen dari total partai di Old Trafford!

Pernah Bermain di Stadion Tim Lain

Statistik di atas berbanding terbalik ketika Manchester United bermain di laga tandang. Mereka sangat sulit dikalahkan, dengan mampu membawa pulang total 27 poin musim ini di Liga Inggris.

Jadi, dari 45 poin yang didapat United dari 23 laga Premier League, mayoritas didapat pada laga tandang.

Hal tersebut bisa memunculkan wacana bahwa Manchester United asuhan Ole Gunnar Solskjaer sebaiknya mencari stadion lain, untuk dijadikan kandang musim depan demi membuang sial bermain di Old Trafford.

Bagi Man United bermain di stadion tim lain sebagai kandang sejatinya sudah pernah mereka lakukan. Etihad Stadium menjadi pilihannya.

Merunut sejarah kedua tim tetangga ini sudah pernah berbagi stadion sebelumnya. Ketika masa perang dunia kedua, Old Trafford sempat hancur lebur karena terdampak bom.

Saat itu memaksa Man City mau tidak mau harus mengizinkan Man United memakai Stadion Maine Road, kandang City sebelum memiliki Etihad Stadium.

Tidak mau rugi, City menetapkan biaya sewa sekitar 5000 paun per pekan untuk United memakai stadion ini.

Berita dengan kategori