Menguak Rencana Mikel Arteta untuk Bek Muda Arsenal William Saliba

Menguak Rencana Mikel Arteta untuk Bek Muda Arsenal William Saliba

Terbaiknews - – Dijagokan jadi bek tengah Arsenal musim iniWilliam Saliba justru belum tampil sama...

– Dijagokan jadi bek tengah Arsenal musim ini, William Saliba justru belum tampil sama sekali. Apa sebenarnya rencana Mikel Arteta untuk bintang muda Prancis ini?

Klub Liga Inggris Arsenal termasuk tim yang sibuk di bursa transfer musim panas lalu. Mereka sukses meminjam kembali Dani Ceballos, mempermanenkan Cedric Soares dan Pablo Mari, serta memboyong Willlian, Thomas Partey, dan Gabriel Magalhaes.

Namun, di luar nama-nama itu ada satu lagi pemain “anyar” yang datang ke Emirates Stadium. Sosok yang dimaksud adalah bek tengah William Saliba.

Saliba sebenarnya sudah resmi menjadi pemain Arsenal sejak Juli 2019. Ketika itu, The Gunners memboyongnya dari Saint-Etienne. Namun, ia langsung dipinjamkan kembali ke klub Ligue 1 Prancis itu hingga akhir musim 2019/2020.

Menjalani musim “perdana” sebagai pemain Arsenal, Saliba digadang akan menjadi bek tengah utama Arsenal, membentuk duet bersama Gabriel Magalhaes, atau trio bersama Gabriel dan Kieran Tierney.

Nyatanya, meski Arsenal sudah memainkan 7 pertandingan musim ini, Saliba belum sekalipun diturunkan, kalah bersaing dengan David Luiz dan Rob Holding. Ia bahkan hanya bisa mendapatkan tempat di bangku cadangan dalam 2 laga.

Dilansir Football London, Arteta kini malah berencana meminjamkan pemain mudanya itu ke Divisi Championship. Pasalnya, ia menilai Saliba belum siap tampil di Liga Inggris karena penampilannya musim lalu di Saint-Etienne minim akibat cedera dan dihentikannya Ligue 1 akibat pandemi Covid-19.

Dengan usai yang baru 19 tahun dan kontrak yang masih tersisa 5 tahun, Arteta merasa tak perlu terburu-buru memainkan Saliba di tim utama dan lebih memilih untuk memberinya waktu menjalani transisi. Apalagi, Saliba baru naik ke level senior pada 2018/2019 lalu.

“Tahun lalu adalah tahun yang hilang bagi Saliba. Itu bukan tahun transisi yang ia butuhkan karena dia banyak cedera, dan ada masalah Covid-19.”

“Ia membutuhkan tahun transisi dan kami berusaha membuat keputusan terbaik demi menyediakan tahun transisi terbaik untuknya demi mendapatkan sosok dirinya yang kami inginkan di masa depan.”

Arteta dan tim kepelatihan Arsenal, termasuk manajer peminjaman pemain Ben Knapper, kini tengah mengevaluasi pilihan klub yang tepat untuk meminjamkan sang pemain.