Legenda Liverpool Sebut Penjualan Coutinho ke Barcelona Sebagai Transfer Terbaik

Legenda Liverpool Sebut Penjualan Coutinho ke Barcelona Sebagai Transfer Terbaik

Terbaiknews - – Mantan pemain dan manajer LiverpoolGraeme Sounessmenyebut penjualan Philippe Coutinho...

– Mantan pemain dan manajer Liverpool, Graeme Souness, menyebut penjualan Philippe Coutinho ke Barcelona sebagai keputusan terbaik yang pernah dibuat The Reds.

Liverpool akhirnya mengakhiri penantian 30 tahun mereka dengan menjuarai Liga Inggris musim ini. Prestasi ini salah satunya berkat kehadiran sejumlah pemain yang dinilai memiliki peran penting, seperti kiper Alisson Becker dan bek tengah Virgil van Dijk.

Meski demikian, mantan pemain dan manajer The Reds, Graeme Souness justru berpendapat lain. Ia menyebut titik awal kesuksesan Liverpool adalah ketika mereka memutuskan menjual gelandangPhilippe Coutinho ke raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, pada tahun 2018 lalu.

“Jika membicarakan pembelian terpenting, saya rasa kita harus melihat ketika Liverpool beralih dari tim bagus menjadi tim yang hebat,” kata Souness seperti dilansir laman Barca Universal.

“Mereka menjual Coutinho dan mendapatkan 160 juta pounds (Rp2,9 triliun) atau berapa pun jumlah persisnya, lalu mendatangkan Alisson dan van Dijk dan masih memiliki sisa uang. Itu pasti merupakan keputusan bisnis terbaik yang pernah dibuat (oleh Liverpool),” katanya.

Seperti diketahui, ketika manajer Jurgen Klopp mengetahui keinginan Philippe Coutinho hijrah ke Barcelona, ia segera menjual sang gelandang. Dari uang hasil penjualannya, Klopp mendatangkan sejumlah bintang termasuk Alisson Becker dan Virgil van Dijk.

Kedua pemain itu pun menjadi kunci sukses meraih berbagai gelar selama 2 musim terakhir, termasuk Liga Champions musim lalu dan Liga Inggris musim ini.

“Jika Anda belanja dengan baik, Anda mendapatkan pemimpin, Anda mendapatkan pemain berbakat, Anda mendapatkan pemain yang tepat untuk klub Anda,” pungkas Graeme Souness.

Sementara itu, sejak meninggalkan Liverpool untuk bergabung dengan Barcelona, karier Philippe Coutinho justru merosot. Ia gagal menyegel tempat utama dan harus tersingkir dari skuat utama.

Musim ini ia bahkan dipinjamkan ke klub Bundesliga Jerman, Bayern Munchen. Usai kembali dari masa peminjamannya pada akhir musim ini, Coutinho diprediksi akan dijual oleh Barcelona yang tengah berupaya mengumpulkan dana untuk mendatangkan Lautaro Martinez dari Inter Milan.